Comscore Tracker

Jokowi: LRT Jabodebek Mulai Beroperasi Juni 2022

Jokowi banggakan pengerjaan LRT 100 persen dari Indonesia

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meninjau proses pembangunan LRT Jabodebek. Usai melakukan peninjauan, Jokowi mengatakan bahwa proses pembangunan sudah mencapai 84,7 persen. Sehingga, pada Juni 2022 mendatang, LRT Jabodebek sudah mulai bisa beroperasi.

"Kita harapkan nanti di bulan April 2022 sudah mulai di-trial, mulai uji coba, dan akan kita mulai untuk operasional itu bulan Juni 2022," kata Jokowi seperti yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (9/6/2021).

1. Jokowi ingin adanya efisiensi bagi orang-orang yang menggunakan transportasi umum

Jokowi: LRT Jabodebek Mulai Beroperasi Juni 2022Presiden Jokowi tinjau stasiun LRT TMII dan Stasiun Harjamukti Cibubur (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi mengatakan, dengan adanya pembangunan transportasi massal seperti MRT, LRT, kereta bandara, dan Bus Trans Jakarta, hal itu bisa membuat lebih efektif. Terutama bagi masyarakat yang ingin berpergian dengan menggunakan transportasi umum.

"Sehingga terjadi efisiensi dalam orang bepergian, dalam suatu titik ke titik yang lain," ujar Jokowi.

Baca Juga: Cegah Penyebaran COVID-19 di Gerbong, LRT Gunakan Metode Sinar UV

2. Jokowi banggakan pembuatan LRT dilakukan 100 persen oleh Indonesia

Jokowi: LRT Jabodebek Mulai Beroperasi Juni 2022IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Selain itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga mengatakan LRT Jabodebek ini dikerjakan oleh PT INKA (persero) dan akan dioperasikan oleh PT KAI. Ia menegaskan, pengerjaan pembangunan LRT 100 persen dilakukan oleh Indonesia.

"Termasuk juga pembangunan konstruksinya oleh PT Adhi Karya," ucap Jokowi.

3. Jokowi harap PT INKA bisa menjadi fondasi untuk pembangunan di negara-negara lain

Jokowi: LRT Jabodebek Mulai Beroperasi Juni 2022IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Menurut dia, pembangunan LRT Jabodebek ini bisa menjadi pengalaman bahwa Indonesia pernah membangun konstruksi LRT. Sehingga, ia berharap PT INKA bisa menjadi fondasi untuk pembangunan di negara-negara lain.

"Sekarang kan kita sudah ekspor kereta ke Bangladesh, ke Filipina dan kita harapkan LRT juga akan seperti itu," tutur Jokowi.

"Tadi kita mencoba keretanya halus, nyaman, kecepatannya juga baik, dapat dikatakan tanpa suara, nyaman sekali," dia menambahkan.

Baca Juga: Uji Coba Sinyal LRT Jabodebek, Menhub Ingin Pastikan Beroperasi 2022

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya