Jokowi: Masjid Istiqlal Dibuka Juli, Tapi Keputusan di Imam Besar

Sedang dibangun terowongan antara Istiqlal dan Katedral

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyebut renovasi besar Masjid Istiqlal akan selesai awal Juli mendatang. Ketika sudah selesai, Istiqlal direncanakan akan segera dibuka untuk kegiatan keagamaan. Namun, keputusan tetap berada di tangan Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar.

"Direncanakan Masjid Istiqlal akan dibuka nanti pada Juli, tetapi keputusannya ada nanti di bapak Imam Besar Masjid Istiqlal," kata Jokowi di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa (2/6).

1. Proses renovasi Istiqlal telah mencapai 90 persen

Jokowi: Masjid Istiqlal Dibuka Juli, Tapi Keputusan di Imam BesarMasjid Istiqlal (IDN Times/Aldila Muharma)

Jokowi mengatakan, proses renovasi Istiqlal sempat tertunda, karena adanya pandemik virus corona. Namun pengerjaannya kini telah mencapai 90 persen.

"Tadi sudah disampaikan telah selesai kurang lebih 90 persen, dan renovasi besar ini akan diselesaikan insyaallah awal Juli. Memang agak mundur karena adanya pandemik COVID," ucap dia.

Baca Juga: Jokowi: Rencananya, Masjid Istiqlal akan Buka di Bulan Juli

2. Renovasi Istiqlal dianggarkan sebesar Rp475 miliar

Jokowi: Masjid Istiqlal Dibuka Juli, Tapi Keputusan di Imam BesarMasjid Istiqlal (IDN Times/Aldila Muharma)

Presiden Jokowi sebelumnya telah meninjau langsung pembangunan renovasi Masjid Istiqlal, pada Jumat (7/2). Dia mengatakan renovasi tersebut adalah yang pertama setelah 41 tahun berdiri. 

"Kami harapkan nanti sebelum Ramadan sudah bisa selesai, sehingga (Masjid Istiqlal) bisa dipakai. Ini adalah renovasi besar sejak 41 tahun yang lalu. Karena anggaran yang diperlukan untuk ini cukup gede Rp475 miliar," kata Jokowi di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (7/2) lalu.

Pemerintah pusat telah menganggarkan Rp475 miliar untuk merenovasi Masjid Istiqlal. Dalam renovasi, akan dibangun Terowongan Silaturahmi yang menghubungkan Istiqlal dengan Gereja Katedral.

3. Anggaran ratusan miliar untuk merenovasi banyak hal di masjid, salah satunya membangun terowongan antara Istiqlal dan Katedral

Jokowi: Masjid Istiqlal Dibuka Juli, Tapi Keputusan di Imam BesarMasjid Istiqlal (IDN Times/Aldila Muharma)

Jokowi menjelaskan, anggaran Rp475 miliar tersebut digunakan untuk memperbaiki bangunan, memoles lantai, mengganti karpet, lampu, hingga sound system. Tak hanya itu, Istiqlal juga akan menambah tempat parkir di bawah tanah.

"Juga pembangunan landscape di luar, bukan hanya interior, eksterior, semuanya dibangun. Sungai yang ada di lingkungan Istiqlal semua diperbaiki, sehingga tamannya menjadi lebih bagus lagi," kata dia. 

Jokowi juga mendapat usulan untuk membangun terowongan bawah tanah sebagai penghubung antara Masjid Istiqlal dengan Gereja Katedral. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun menyetujuinya. Jokowi berharap, terowongan tersebut dapat menjadi terowongan silaturahmi kedua tempat ibadah itu.

"Tidak kelihatan berseberangan, tapi silaturahmi. Terowongan bawah tanah. Sehingga tidak nyebrang, sekarang pakai terowongan bawah, terowongan silaturahmi," kata Jokowi. 

Baca Juga: Tak Sesuai Target, Jokowi: Renovasi Istiqlal Mundur karena COVID-19

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya