Jokowi: Masyarakat Tenang Saja, Jangan Panik dengan Virus Corona!

"Pemerintah sudah lakukan langkah tegas," kata Jokowi

Bogor, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta masyarakat untuk tidak panik menghadapi virus corona yang semakin meluas ke beberapa negara.

Jokowi mengatakan, pemerintah saat ini telah mengambil langkah-langkah untuk mengantisipasi masuknya virus yang berasal dari Wuhan, Tiongkok, itu ke Indonesia.

Hal itu disampaikan Jokowi di hadapan jajaran menterinya dalam rapat terbatas mengenai "Kesiapan Menghadapi Dampak Virus Corona", di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (4/2).

1. Jokowi katakan pemerintah telah lakukan langkah tegas cegah virus corona

Jokowi: Masyarakat Tenang Saja, Jangan Panik dengan Virus Corona!Presiden Jokowi memimpin rapat terbatas di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa 4 Februari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Jokowi menyampaikan bahwa pemerintah telah mengambil langkah-langkah perlindungan dan pencegahan terkait virus corona. Selain itu, lanjut dia, pemerintah juga sudah memberikan pengertian kepada seluruh masyarakat agar tidak panik.

"Karena kita telah mengambil langkah-langkah yang tegas, mulai dari pemberlakuan protokol kesehatan, kemudian tidak mengizinkan semua pendatang yang tiba dari mainland Tiongkok atau sudah berada di sana selama 14 hari untuk masuk dan transit di Indonesia," ujar Jokowi.

Baca Juga: Virus Corona Masih Mengancam, AFC Tunda Piala Asia Futsal 2020

2. Indonesia menghentikan sementara fasilitas bebas visa bagi warga negara Tiongkok

Jokowi: Masyarakat Tenang Saja, Jangan Panik dengan Virus Corona!Presiden Jokowi memimpin rapat terbatas di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa 4 Februari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Lebih lanjut, Jokowi menjelaskan bahwa pemerintah telah menghentikan sementara fasilitas bebas visa bagi warga negara Tiongkok. Hal itu juga menjadi salah satu cara pemerintah untuk mencegah virus corona masuk ke Indonesia.

"Sekali lagi, keputusan itu harus diambil dalam rangka melindungi seluruh rakyat Indonesia di Tanah Air dari penyebaran virus corona," ucap mantan Wali Kota Solo itu.

3. Jokowi sebut pemerintah telah lindungi WNI yang ada di Wuhan, Tiongkok

Jokowi: Masyarakat Tenang Saja, Jangan Panik dengan Virus Corona!Presiden Jokowi di Sukajaya, Bogor, Jawa Barat, Senin 3 Februari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Untuk perlindungan WNI di Tiongkok sendiri, Jokowi menyebut pemerintah telah melakukannya. Sebanyak 238 WNI telah dievakuasi pemerintah dari Wuhan.

"Perlindungan WNI kita di RRT juga kita telah melakukan evakuasi bagi WNI kita yang berada di Wuhan, di Provinsi Hubei dan saat ini masih diobservasi di Natuna," tutur Jokowi.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Virus Corona: 425 Orang Tewas di Tiongkok, 9.807 Penerbangan Ditunda

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya