Comscore Tracker

Jokowi Minta Ideologi Pancasila Ditanamkan Melalui Musik Didi Kempot

Melalui olahraga dan film juga dianjurkan Jokowi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan ideologi Pancasila harus ditanamkan kepada anak-anak muda saat ini. Menurut penanaman ideologi Pancasila bisa melalui berbagai hal, salah satunya musik.

"Gak apa-apa kita nebeng Didi Kempot, gak apa-apa. Titip sama sadboyz sama sadgirlz gak apa-apa, sama sobat ambyar, gak apa-apa. Titipkan satu lirik gak apa-apa. Ini media-media yang disukai anak-anak kita," ucap Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (3/12). 

1. Olahraga bisa menjadi salah satu media untuk menanamkan ideologi Pancasila

Jokowi Minta Ideologi Pancasila Ditanamkan Melalui Musik Didi KempotPresiden Jokowi memberikan sambutan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa 3 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Awalnya, Jokowi mengingatkan agar pemerintah bisa menanamkan ideologi Pancasila melalui hal-hal yang disukai oleh anak-anak muda. Sehingga, pemerintah harus tahu terlebih dahulu apa yang disuka oleh millennials itu.

"Yang mereka sukai olahraga. Jadi kalau ingin kita membumikan ideologi Pancasila, gunakan yang namanya olahraga," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (3/12).

2. Jokowi sebut musik Didi Kempot menjadi media untuk penanaman modal ideologi Pancasila

Jokowi Minta Ideologi Pancasila Ditanamkan Melalui Musik Didi KempotPresidential Lecture Internalisasi dan Pembumian Pancasila di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa 3 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Selanjutnya, Jokowi juga menginisiasi agar penanaman ideologi Pancasila bisa melalui musik penyanyi Didi Kempot. Ia berpesan agar dititipkan satu lirik saja di dalamnya.

Selain olahraga dan musik, Jokowi juga menyampaikan bahwa film bisa menjadi media untuk penanaman ideologi Pancasila terhadap anak-anak muda saat ini.

3. Jokowi: Setiap kementerian dan BPIP harus tahu akan bekerja sama dengan siapa

Jokowi Minta Ideologi Pancasila Ditanamkan Melalui Musik Didi KempotPresidential Lecture Internalisasi dan Pembumian Pancasila di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa 3 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Oleh karena itu, lanjut Jokowi, setiap kementerian harus tahu akan bekerja sama dengan siapa. Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) juga harus tahu akan bekerja sama dengan siapa.

"Kementerian harus kerja sama dengan siapa, BPIP harus mengajak siapa. Jelas kalau yang disukai ini, jelas. Berarti jelas siapa yang harus kita ajak," tutur Jokowi.

Baca Juga: Munas Golkar Dibuka Jokowi, Sembilan Caketum Siap Bertarung

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You