Pidato di KTT ASEAN ke-37, Jokowi Minta Jaga Keseimbangan antar Negara

Jokowi minta ASEAN tetap memperkokoh kerja sama

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta ASEAN untuk tetap solid menjaga keseimbangan antar negara. Ia juga berpesan agar ASEAN memperkokoh kerja sama yang saling menguntungkan. Hal itu disampaikan Jokowi saat pidato pada KTT Pleno ke-37 ASEAN dari Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (12/11/2020).

"Dengan soliditas dan komitmen kuat untuk memajukan kerja sama inklusif maka ASEAN tidak akan terjebak di antara rivalitas tersebut dan akan dapat memainkan peran sentralnya dalam pengembangan kerja sama kawasan. Tentunya hal ini bukan merupakan hal mudah, tapi saya yakin dengan soliditas dan komitmen kuat, kita akan dapat menjalankannya," kata Jokowi.

Dia menyampaikan bahwa ASEAN mempunyai peran penting dalam rangka menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan. Menurutnya, sangat normal di tengah rivalitas dua kekuatan besar dunia, masing-masing ingin menarik ASEAN untuk berpihak.

1. Jokowi sambut baik dikeluarkannya Travel Corridor Arrangement oleh ASEAN

Pidato di KTT ASEAN ke-37, Jokowi Minta Jaga Keseimbangan antar NegaraPresiden Jokowi hadiri KTT ke-37 ASEAN pada Kamis (12/11/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Selain itu, Jokowi menyambut baik akan dikeluarkannya ASEAN Declaration on an ASEAN Travel Corridor Arrangement (TCA) Framework. Pengaturan ASEAN Travel Corridor tersebut sebelumnya telah diusulkan Presiden Jokowi pada KTT ke-36 ASEAN pada 26 Juni 2020 lalu.

"Saya menyambut baik di KTT ini kita akan mengeluarkan ASEAN Declaration on an ASEAN Travel Corridor Arrangement Framework. Untuk itu, rencana implementasi ASEAN TCA harus segera diwujudkan," ujar eks Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Baca Juga: Jokowi Hadiri KTT ke-37 ASEAN, Ini Topik-topik yang Dibahas

2. Jokowi dorong ASEAN segera realisasikan protokol kesehatan saat keberangkan dan kedatangan

Pidato di KTT ASEAN ke-37, Jokowi Minta Jaga Keseimbangan antar NegaraPresiden Jokowi hadiri KTT ke-37 ASEAN pada Kamis (12/11/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Demi mewujudkan implementasi TCA itu, Jokowi mendorong agar Dewan Koordinasi ASEAN dan Badan Sektoral ASEAN segera bergerak cepat dan efisien. Menurutnya, ASEAN perlu segera merealisasikan pembentukan jalur cepat sementara dan protokol kesehatan saat keberangkatan dan kedatangan.

"Saya harap ASEAN TCA ini dapat segera dioperasionalisasikan pada kuartal pertama tahun depan. Pengaturan tersebut akan memunculkan optimisme bahwa kegiatan ekonomi kita secara bertahap dapat diaktifkan kembali dengan secara disiplin menerapkan protokol kesehatan. Rakyat kita tidak bisa menunggu lebih lama lagi, mereka ingin melihat kawasan kita segera bangkit," ujar pria berusia 59 tahun tersebut.

3. Jokowi sebut integrasi ekonomi antar ASEAN bisa membawa manfaat bagi rakyat

Pidato di KTT ASEAN ke-37, Jokowi Minta Jaga Keseimbangan antar NegaraPresiden Joko Widodo memberikan keterangan pers terkait COVID-19 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3/2020) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Tidak hanya itu, Jokowi juga optimistis terhadap penandatanganan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP). RCEP berhasil ditandatangani setelah negara-negara ASEAN bernegosiasi selama kurang lebih delapan tahun.

"Kita harus buktikan bahwa integrasi ekonomi yang sangat besar ini akan membawa manfaat bagi rakyat kita," beber presiden kelahiran Solo ini.

Baca Juga: Di KTT ASEAN, Jokowi Sebut Situasi Dunia Semakin Berat Akibat Pandemik

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya