Jokowi Minta Kementerian dan Lembaga Negara Singkirkan Ego Sektoral

Jokowi ingin adanya kolaborasi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengingatkan pentingnya kolaborasi antar kementerian/lembaga saat ini. Dia meminta agar kementerian dan lembaga menghilangkan ego sektoral masing-masing-masing.

“Saat ini dunia menjadi serba hybrid, serba kolaboratif. Tidak boleh lagi ada ego, baik ego sektor, ego daerah, dan ego ilmu,” kata Jokowi dalam sambutannya di Launching Core Value dan Employee Value Proposition ASN, yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (27/7/2021).

Baca Juga: Jokowi: ASN Bukan Pejabat yang Minta Dilayani seperti Zaman Kolonial

1. Jokowi ingatkan pentingnya kolaborasi organisasi lintas daerah hingga profesi

Jokowi Minta Kementerian dan Lembaga Negara Singkirkan Ego SektoralPresiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Di tengah dunia yang penuh disrupsi ini, Jokowi mengingatkan pentingnya peningkatan kapasitas dan kompetensi, serta kemampuan beradaptasi dengan perubahan bagi ASN. Sebab, tambah dia, banyak sekali masalah yang tidak bisa dipecahkan oleh satu dinas, oleh satu daerah, oleh suatu kementerian atau lembaga, maupun oleh satu keahlian dan satu disiplin ilmu.

“Kolaborasi lintas organisasi lintas daerah, lintas ilmu, lintas profesi menjadi sangat penting. Semua masalah selalu lintas sektor dan lintas disiplin,” ujar Jokowi.

2. Jokowi tak ingin ASN yang minta dilayani seperti pejabat zaman kolonial

Jokowi Minta Kementerian dan Lembaga Negara Singkirkan Ego SektoralIlustrasi ASN (ANTARA FOTO/Teguh Prihatna)

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga mengingatkan bahwa ASN harus memiliki jiwa melayani masyarakat, jangan justru minta dilayani dan bergaya seperti pejabat zaman kolonial.

“Setiap ASN harus mempunyai orientasi yang sama, yaitu memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. ASN bukan pejabat yang justru minta dilayani, yang bergaya seperti pejabat zaman kolonial dulu. Itu tidak boleh lagi, bukan zamannya lagi,” ungkapnya.

Baca Juga: [BREAKING] Jokowi Larang Menteri ke Luar Negeri saat PPKM Darurat, Kecuali Menlu

3. Jokowi sebut ASN harus memiliki jiwa melayani masyarakat

Jokowi Minta Kementerian dan Lembaga Negara Singkirkan Ego SektoralIlustrasi ASN (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Menurut Jokowi, setiap ASN harus memiliki jiwa untuk melayani dan membantu masyarakat. Itulah mengapa, lanjut dia, ASN dilengkapi dengan kewenangan dan sumber daya yang diberikan negara.

“Otoritas dan sumber daya ini harus digunakan secara akuntabel dengan loyalitas tinggi kepada pemerintah, bangsa, dan negara serta menjaga kehidupan masyarakat yang harmonis,” jelas Jokowi.

Baca Juga: Jokowi: Jangan Ada Lagi Ego Sektoral dalam Penanganan COVID-19!

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya