Comscore Tracker

Jokowi Minta Mendagri Tegur Kepala Daerah yang Lakukan Penutupan Jalan

Penutupan jalan menganggu distribusi logistik

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menegur para kepala daerah yang memblokir jalan keluar dan masuk wilayah. Teguran diberikan karena pemblokiran jalan akan menghambat masuknya kebutuhan pokok sehari-sehari.

Jokowi menyampaikan perintah itu saat memimpin rapat terbatas mengenai Persiapan Menghadapi Ramadan dan Idul Fitri yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (2/4).

1. Jokowi: Distribusi logistik terhambat karena penutupan jalan

Jokowi Minta Mendagri Tegur Kepala Daerah yang Lakukan Penutupan Jalan(Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi meminta para menterinya memastikan kembali distribusi logistik berjalan lancar. Dia menyampaikan bahwa kebutuhan pokok harus selalu tersedia di pasar-pasar. 

Agar pendistribusian logistik tersebut tak terhambat, Jokowi pun memerintahkan Mendagri menegur kepala daerah yang melakukan pemblokiran jalan. Hal itu dianggap akan mengganggu pendistribusian logistik ke suatu wilayah.

"Ini saya harapkan Mendagri juga memberikan teguran kepada daerah-daerah yang memblokir jalan-jalannya agar urusan distribusi logistik ini tidak terganggu," kata Jokowi.

2. Jokowi ingatkan kepala daerah agar tak lakukan penutupan jalan

Jokowi Minta Mendagri Tegur Kepala Daerah yang Lakukan Penutupan Jalan(Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi mengaku mendapatkan laporan bahwa distribusi bahan pokok sempat terganggu lantaran jalan-jalan yang ditutup. 

"Saya kemarin mendapatkan laporan dari kepala daerah, urusan beras ini agak terganggu karena jalan-jalan ditutup. Ini tolong kepala daerah diberi tahu mengenai ini," ujar Jokowi.

3. Jokowi pastikan kebutuhan pokok tersedia dan harganya normal

Jokowi Minta Mendagri Tegur Kepala Daerah yang Lakukan Penutupan Jalan(Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi lalu menjamin bahwa ketersediaan bahan-bahan pokok masih tersedia. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut sudah melakukan pengecekan ke Bulog dan daerah-daerah mengenai panen raya seperti beras, daging, telur, gula, dan lainnya. Lebih lanjut, dia menyampaikan bahwa di minggu depan harga gula hingga bawang akan turun.

"Mungkin gula, tadi Mentan sudah menyampaikan bahwa minggu-minggu depan mungkin harga turun pada posisi normal lagi Rp12,500," tutur Jokowi.

"Mendag juga menyampaikan pada saya, bawang juga sudah beberapa sudah masuk dan kita harapkan bawang putih pada minggu-minggu depan atau syukur minggu ini sudah kembali ke normal harga di Rp20-30 ribu," jelasnya.

Baca Juga: Pemprov DKI Perpanjang Penutupan Tempat Hiburan Hingga 12 April 2020

Topic:

  • Teatrika Handiko Putri
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya