Jokowi Minta Perang Rusia-Ukraina Dihentikan: Bahayakan Dunia!

Jokowi sebut perang hanya sengsarakan manusia

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta perang antara Rusia dan Ukraina untuk dihentikan. Sebab, menurutnya, perang hanya menyengsarakan manusia.

"Setop perang. Perang itu menyengsarakan umat manusia, dan membahayakan dunia," tulis Jokowi di akun Twitter-nya, @jokowi, pada Kamis (24/2/2022).

1. Rusia serang Ukraina

Jokowi Minta Perang Rusia-Ukraina Dihentikan: Bahayakan Dunia!Presiden Rusia, Vladimir Putin, saat berpidato di hadapan seluruh senator Rusia pada tanggal 23 September 2020 lalu. (Twitter.com/KremlinRussia_E)

Presiden Rusia, Vladimir Putin, telah memulai perang dengan memerintahkan operasi militer di Ukraina. Putin juga memperingatkan, negara-negara yang mengganggu tindakan Rusia akan menerima konsekuensi "yang belum pernah mereka lihat sebelumnya".

Dilansir Time, Putin berdalih operasi militer dilancarkan untuk melindungi warga sipil di Ukraina Timur. Sebelumnya, dia mengatakan pemberontak pro-Rusia di Ukraina meminta bantuan Kremlin, untuk membantu menangkal operasi militer yang dilancarkan oleh pasukan pemerintah.

Baca Juga: Rusia Serang Ukraina: Kami Incar Fasilitas Militer dan Junta di Kiev

2. Sejumlah instalasi militer Ukraina dibombardir

Jokowi Minta Perang Rusia-Ukraina Dihentikan: Bahayakan Dunia!Sebuah foto satelit memperlihatkan konvoi militer menuju ke selatan, di Golovchino, Rusia, Rabu (23/2/2022). ANTARA FOTO/Courtesy of Satellite image 2022 Maxar Technologies/Handout via REUTERS/hp/cfo

Penasihat Menteri Dalam Negeri Ukraina, Anton Gerashchenko, mengatakan invasi Rusia telah dimulai dengan serangan rudal ke Kiev. Gerashchenko menuturkan pasukan telah mendarat di Odessa dan melintasi perbatasan di Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina yang terletak di timur laut.

Dalam sebuah unggahan di halaman Facebook-nya, dia juga mengatakan, pusat kendali seperti lapangan terbang dan markas militer di Kiev serta Kharkiv telah terkena tembakan. Dentuman artileri juga terdengar di sepanjang perbatasan.

Putin telah memulai perang Rusia dan Ukraina dengan melancarkan invasi skala penuh ke Ukraina. Suara ledakan tedengar di beberapa kota beberapa jam setelah Rusia memerintahkan pengerahan militer ke kawasan timur Ukraina.

Dilansir CNN, pengumuman Putin pada pukul 05.00 waktu Ukraina memicu kecaman dari Amerika Serikat dan sekutunya, yang sebelumnya telah menjatuhkan sanksi jika Rusia benar-benar menyerang Ukraina.

"Kota-kota Ukraina yang damai sedang diserang," cuit Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba.

3. Ledakan terdengar dari Kiev hingga Odessa

Jokowi Minta Perang Rusia-Ukraina Dihentikan: Bahayakan Dunia!Seorang veteran batalion Tentara Nasional Ukraina melakukan latihan militer untuk warga sipil di tengah ancaman serangan Rusia di Kyiv, Rusia, Minggu (30/1/2022). ANTARA FOTO/REUTERS/Gleb Garanich/WSJ.

Laporan CNN di Rusia dan Ukraina menyatakan, ledakan terdengar dari beberapa negara bagian Ukraina, termasuk di dekat Kiev dan Odessa. Gambar yang dirilis Kantor Presiden Ukraina juga menunjukkan ledakan besar di wilayah timur.

Di Kiev, dentuman ledakan datang dari arah bandara internasional, sekitar 15 mil timur dari pusat ibu kota. Akun media sosial melaporkan beberapa ledakan di daerah Boryspil.

Sementara itu, di Kharkiv, ledakan keras terjadi terus menerus. Kemudian, di Odessa dilaporkan ada dua ledakan.

Baca Juga: Indonesia Mengecam Rusia yang Melanggar Integritas Teritori Ukraina

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya