Comscore Tracker

Jokowi Minta Tak Ada Kerumunan Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Jokowi perintahkan kepala daerah kelola libur Natal

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo meminta agar tidak ada kerumunan saat libur Natal dan Tahun Baru mendatang. Ia juga meminta para kepala daerah mengelola libur Natal dan Tahun Baru agar tidak membuat mobilitas masyarakat jadi tinggi.

"Saya minta betul-betul agar dikelola, diatur, sehingga Natal dan Tahun Baru ini berjalan dengan tidak ada kerumunan," ujar Jokowi saat memberikan pengarahan kepada para kepala daerah se-Indonesia secara virtual di Istana Merdeka, Senin (25/10/2021).

Baca Juga: Jokowi Minta Tes PCR Rp300 Ribu, Wakil Menkes: Supaya Testing Tinggi 

1. Jokowi minta masyarakat tidak bepergian saat libur Natal dan Tahun Baru

Jokowi Minta Tak Ada Kerumunan Saat  Libur Natal dan Tahun BaruPresiden Jokowi beri arahan kepada Kepala Daerah pada Selasa (26/10/2021). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi mengatakan, terdapat 19,9 juta orang yang berniat mudik pada momen libur Natal dan Tahun Baru. Menurut dia, jumlah tersebut harus diantisipasi oleh semua provinsi, kabupaten dan kota.

"Inilah yang harus kita antisipasi, semua provinsi, semua kabupaten dan kota harus mengingatkan warganya agar Natal dan Tahun Baru ini lebih baik tidak bepergian ke mana-mana," kata Jokowi.

2. Jokowi perintahkan Forkopimda sosialisasikan agar masyarakat tak bepergian

Jokowi Minta Tak Ada Kerumunan Saat  Libur Natal dan Tahun BaruWarga beraktivitas di zona merah COVID-19 RT 006 RW 01, Gandaria Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (21/6/2021). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan.

Maka dari itu, Jokowi menyebut bahwa seluruh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) memiliki peranan yang sangat penting dalam menyosialisasikan hal ini. Terutama, untuk mengantisipasi kemungkinan gelombang ketiga  COVID-19 yang tidak diharapkan.

"Kita harapkan Natal dan Tahun Baru bisa kita kelola dengan baik, karena hampir semua epidemiolog takut bahwa yang memicu gelombang ketiga nanti ada di Natal dan Tahun Baru," jelas Jokowi.

3. Jokowi minta kepala daerah merancang dan mengelola libur Natal dan Tahun Baru sesuai kondisi masyarakat setempat

Jokowi Minta Tak Ada Kerumunan Saat  Libur Natal dan Tahun BaruIlustrasi Natal. (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Lebih lanjut, mantan Gubernur DKI Jakarta ini meminta kepala daerah agar merancang dan mengelola momen libur Natal dan Tahun Baru dengan memperhatikan kondisi masyarakat setempat.

"Saya harapkan semuanya dirancang, direncanakan secara detail sesuai dengan kondisi masyarakat setempat, menghargai norma-norma yang ada. Tetapi sekali lagi, tetap sesuai dengan protokol kesehatan dengan gas dan rem yang dinamis, selalu waspada, siap siaga, cepat bertindak, itu yang terus harus kita jaga," tuturnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Kasih Catatan Khusus soal Vaksinasi Indonesia

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya