Jokowi Optimistis Indonesia Bisa Segera Temukan Vaksin COVID-19 

Jokowi ingin kerja sama semua pihak

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo optimistis Indonesia bisa menemukan vaksin virus corona atau COVID-19. Menurut dia, Lembaga Eijkman sudah mendapatkan tujuh data genome sebagai pengembangan vaksin COVID-19.

"Saya sangat optimis bahwa hal-hal yang dulunya tidak pernah kita pikirkan dan kita hanya impor, sekarang ini kita bisa mandiri, karena kita bisa produksinya sendiri dan lebih dari itu kita juga harus mampu menghasilkan vaksin sendiri," ujar Jokowi yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (20/5).

1. Jokowi sebut Lembaga Eijkman telah kumpulkan 7 urutan genome untuk pengembangan vaksin

Jokowi Optimistis Indonesia Bisa Segera Temukan Vaksin COVID-19 Dok. Biro Pers Kepresidenan

Jokowi mengaku gembira saat mendapat laporan bahwa Lembaga Eijkman sudah mengumpulkan 7 urutan genome. Hal itu sangat berguna sebagai tahap pengembangan vaksin COVID-19.

"Genome lengkap virus yang sangat berguna untuk pengembangan vaksin dan saya juga senang komunitas peneliti terus bekerja untuk menemukan obat dan terapi yang efektif bagi pengobatan COVID," jelasnya.

Baca Juga: [WANSUS] Dirut Bio Farma Bicara Bikin Vaksin Hingga Test Kit COVID-19

2. Jokowi ingin produksi tetap dilanjutkan secara massal

Jokowi Optimistis Indonesia Bisa Segera Temukan Vaksin COVID-19 Dua orang tenaga medis memakai APD lengkap saat menangani bayi yang lahir dari seorang ibu PDP Corona di Labuhanbatu, Sumatera Utara, Rabu (22/4) (Istimewa)

Lebih lanjut, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengingatkan agar karya-karya tersebut jangan sampai berhenti di laboratorium dan sebatas prototype saja. Ia meminta agar produksi bisa terus berlanjut.

"Harus bisa diproduksi secara massal untuk memenuhi kebutuhan domestik kita dan juga bisa ekspor ke mancanegara," perintah Jokowi.

3. Jokowi minta kerja sama semua pihak ke depannya

Jokowi Optimistis Indonesia Bisa Segera Temukan Vaksin COVID-19 Dok. Biro Pers Kepresidenan

Untuk itu, ujar Jokowi, kolaborasi antarkekuatan bangsa harus diperkuat. Semua pihak diminta Jokowi untuk bekerja sama. "Lembaga-lembaga litbang perguruan tinggi dunia usaha, dunia industri, masyarakat, semuanya harus bekerja sama membangun ini," ucapnya.

Baca Juga: [LINIMASA] Perkembangan Vaksin COVID-19 di Berbagai Negara

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya