Comscore Tracker

Jokowi: Papua Youth Creative Hub Berawal dari Curhat Pemuda di Istana

Pembangunannya habiskan anggaran Rp95 miliar

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meletakkan batu pertama pada pembangunan gedung Papua Youth Creative Hub, pada Sabtu (2/10/2021), di Kota Jayapura. Jokowi mengatakan, proyek ini bermula dari suara-suara para pemuda Papua saat bertemu dengannya di Istana, September 2019 lalu. Papua Youth Creative Hub ini juga dibangun dengan anggaran mencapai Rp95 miliar.

"Tindak lanjut dari pertemuan kita di September 2019 di Istana, waktu saya bertemu dengan anak-anak muda dari Tanah Papua yang menyampaikan keinginan-keinginannya dan anak-anak muda Papua yang hebat-hebat," kata Jokowi seperti yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Selain juga, ada juga beberapa pejabat negara yang ikut hadir seperti Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, KaBIN Budi Gunawan, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit.

Baca Juga: PON Papua 2021 Mampu Pecahkan Rekor Dunia, Keren!

1. Jokowi yakin Papua Youth Creative Hub akan menggali potensi anak-anak muda Papua

Jokowi: Papua Youth Creative Hub Berawal dari Curhat Pemuda di IstanaPresiden Jokowi meletakkan batu pertama di pembangunan Papua Youth Creative Hub (YouTube/Sekretariat Presiden)

Menurut Jokowi, dengan dibangunnya Papua Youth Creative Hub, maka pemerintah ingin memberikan ruang sebesar-besar kepada para pemuda Papua. Dengan adanya Papua Youth Creative Hub, mantan Gubernur DKI Jakarta ini meyakini potensi dari anak-anak Papua bisa tergali.

"Saya yakin masih banyak potensi yang belum tergali dan belum dikembangkan, itulah tugas kita, baik di Papua maupun di Papua Barat, banyak bibit-bibit unggul dengan talenta-talenta yang sangat baik di bidang sains, seni budaya, maupun di bidang olahraga," ujar Jokowi.

"Ini menjadi tugas besar kita semuanya untuk menyiapkan manajemen yang baik, manajemen talenta yang baik, dan tertata," lanjutnya.

Baca Juga: Tips Menangkan Hati Gen Z Ala IDN Creative, Nomor 4 Relate Banget!

2. Jokowi harap Papua Youth Creative Hub jadi motor penggerak pengembangan talenta di Papua

Jokowi: Papua Youth Creative Hub Berawal dari Curhat Pemuda di IstanaPresiden Jokowi meletakkan batu pertama di pembangunan Papua Youth Creative Hub (YouTube/Sekretariat Presiden)

Lebih lanjut, Jokowi menyampaikan anak-anak muda yang bergabung dalam Papua Muda Inspiratif bahkan sudah mencapai ribuan. Sehingga, ia berharap Papua Youth Creative Hub dapat menjadi motor penggerak pusat pengembangan talenta di Tanah Papua.

"Menjadi pusat kreatif anak-anak muda di Papua dalam memperkuat ekosistem kreatif yang ada," ucap dia.

3. Jokowi paparkan kegiatan di Papua Youth Creative Hub hingga fasilitasnya

Jokowi: Papua Youth Creative Hub Berawal dari Curhat Pemuda di IstanaPresiden Jokowi meletakkan batu pertama di pembangunan Papua Youth Creative Hub (YouTube/Sekretariat Presiden)

Jokowi juga menerangkan nanti di Papua Youth Creative Hub ini akan dikembangkan mengenai enterpreneurship, mengenai petani-petani millennial, lalu ada juga soal cara membangun ekonomi digital, hingga soal riset dan invoasi. Menurutnya, semua hal itu menjadi masa depan Indonesia.

"Saya kira inilah masa depan kita semuanya, masa depan Indonesia, masa depan Tanah Papua ada di di Papua Creative Hub, yang kita harapkan di akhir 2022 sudah selesai langsung kelembagaannya siap dan kita harapkan dalam waktu yang sangat dekat bisa kita betul-betul lakukan pengembangan SDM di Tanah Papua yang kita cintai," jelasnya.

Orang nomor satu di Indonesia menjelaskan tentang fasilitas-fasilitas yang disediakan. Mulai dari co-working space, ruang pembelajaran teknologi digital, ruang konten, ruang inovasi-inovasi produk, asrama, hingga fasilitas olahraga.

'Saya kira itu sudah sangat integrated dan kita harapkan betul-betul tempat ini menjadi sebuah pondasi bagi masa depan Papua dan masa depan Indonesia di masa-masa yang akan datang, serta dalam memulai membangun perusahaan-perusahaan start up dari Tanah Papua yang hebat ini," harapnya.

Baca Juga: Anak Muda Dunia Bersuara Hadapi Krisis Iklim, Apa Kata Mereka? 

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya