Jokowi Perintahkan Jajarannya Segera Evakuasi Korban Bencana di NTT

Jokowi minta pelayanan kesehatan-logistik segera dilakukan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta jajarannya mulai dari Kepala BNPB, Kepala Basarnas, Menteti PUPR, Menteri Sosal, Menteri Kesehatan, hingga Panglima TNI dan Kapolri untuk melakukan evakuasi korban banjir bandang dan tanah longsor di Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Saya sudah memerintahkan kepada Kepala BNPB, kepada Kepala Basarnas, mMensos, Menkes, dan Menteri PUPR, serta Panglima TNI dan Kapolri untuk melakukan secara cepat evakuasi dan penanganan korban bencana serta penanganan dampak bencana," kata Jokowi dalam keterangan persnya yang diunggah di channel YouTube Sekretariat Presiden, Senin (5/4/2021).

Baca Juga: BMKG Peringatkan Cuaca Ekstrem Bibit Siklon Tropis 99S, NTT Terdampak

1. Jokowi: Saya memahami kesedihan saudara akibat bencana ini

Jokowi Perintahkan Jajarannya Segera Evakuasi Korban Bencana di NTTPresiden Joko "Jokowi" Widodo ketika memberikan keterangan pers (www.twitter.com/@jokowi)

Jokowi mengaku telah mendapatkan laporan dari Kepala BNPB Doni Monardo terkait perkembangan bencana di NTT dan NTB. Ia pun mengucapkan duka mendalam atas korban bencana yang melanda.

"Saya juga memahami kesedihan yang dialami saudara-saudara kita akibat dampak yang ditimbulkan dari bencana ini," tutur Jokowi.

2. Jokowi minta bantuan pelayanan kesehatan hingga logistik segera dilakukan

Jokowi Perintahkan Jajarannya Segera Evakuasi Korban Bencana di NTTPresiden Joko Widodo memberikan keterangan pers terkait COVID-19 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3/2020) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Selain itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga meminta jajarannya agar segera melakukan penanganan bencana. Perintahnya, penanganan bencana harus dilakukan dengan cepat dan baik.

"Seperti bantuan pelayanan kesehatan, ketersediaan logistik, dan kebutuhan dasar dari pengungsi, serta juga perbaikan infrastruktur," instruksi Jokowi.

Baca Juga: Potensi Bencana Alam yang Bisa mengancam di Kalimantan 

3. Jokowi ingatkan masyarakat ikuti arahan petugas di lapangan dan selalu waspada

Jokowi Perintahkan Jajarannya Segera Evakuasi Korban Bencana di NTTBanjir Bandang NTT (dok. BNPB)

Maka dari itu, orang nomor satu di Indonesia ini mengimbau masyarakat untuk mengikuti arahan petugas di lapangan. Jokowi juga mengingatkan masyarakat agar tetap waspada pada bencana-bencana lainnya.

"Selalu meningkatkan kewaspadaan dari bencana banjir, dan longsor karena meningkatnya curah hujan yang ekstrim. Perhatikan selalu peringatan dini dari BMKG dan aparat di daerah," pesan Jokowi.

Baca Juga: Kepala BNPB Doni Monardo Kunjungi Lokasi Banjir dan Longsor di NTT 

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya