Jokowi Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya

Upacara pukul 08.00 WIB, dihadiri Bamsoet dan Zulhas

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, di Lapangan Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, pada Selasa (1/10). Perhelatan upacara tersebut dimulai sejak pukul 08.00 WIB.

Jokowi diagendakan memimpin upacara yang diikuti oleh peserta upacara yakni dari tiga matra TNI Angkatan Udara, Angkatan Laut, dan Angkatan Darat. Selain dari TNI, peserta upacara juga berasal dari Polri, mahasiswa, serta pelajar.

Baca Juga: Bukan 7, Harusnya Ada 8 Jenderal yang Diculik G30S/PKI, Siapa Selamat?

1. Pukul 07.00 WIB, tamu undangan mulai hadir dan disambut paduan suara

Jokowi Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lubang BuayaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sekitar pukul 07.00 WIB, Monumen Pancasila Sakti sudah dipenuhi oleh para tamu undangan. Mulai dari para kepala lembaga, hingga para duta besar turut hadir di peringatan Kesaktian Pancasila tersebut.

Untuk menanti upacara mulai, kelompok paduan suara sudah mulai meramaikan dengan nyanyian-nyanyian lagu daerah untuk menyambut para tamu. Uniknya, mereka juga kompak mengenakan pakaian adat.

2. Jokowi hadir bersama JK, beserta para istri yang mengenakan kebaya

Jokowi Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lubang BuayaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Menjelang pukul 08.00 WIB, para peserta upacara mulai memasuki lapangan dengan sangat rapi. Mereka berdiri sembari menanti kedatangan Presiden Jokowo yang bertugas sebagai pemimpin upacara. Selagi menanti, kelompok paduan suara kembali menyanyikan lagu-lagi daerah.

Sekitar pukul 07.59 WIB, Jokowi dan Iriana Jokowi mulai memasuki lapangan upacara. Dengan mengenakan setelan jas hitam, kemeja putih, celana hitam, dan dasi merah, serta peci hitam. Ia kemudian berjalan dan berdiri di mimbar yang telah disediakan.

Selain Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) juga turut hadir bersama sang istri, Mufidah Jusuf Kalla. Seperti Jokowi, JK juga mengenakan setelah jas berwarna hitam dan kemeja putih.

Sementara, Iriana Jokowi mengenakan kebaya berwarna ungu muda, dipadukan dengan selendang berwarna coklat motif batik. Sedangkan, Mufidah mengenakan kebaya berwarna hijau tosca dengan selendang coklat motif batik yang mengitari lengannya. Keduanya tampak anggun dan berkarisma berdiri berjajar.

3. Jokowi pimpin upacara dan OSO yang membacakan Pancasila

Jokowi Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lubang BuayaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Setelah Jokowi memasuki lapangan, upacara peringatan Kesaktian Pancasila pun dimulai. Upacara dimulai dengan laporan dari Komando Upacara terlebih dahulu.

"Lapor, upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2019 siap dimulai," kata Komando Upacara melapor kepada Jokowi.

"Laksanakan," ucap Jokowi.

Usai melapor, mengheningkan cipta guna mengenang jasa para pahlawan pun dimulai.

"Untuk mengenang jasa para pahalawan dan pejuang bangsa, khususnya pahlawan revolusi, mengheningkan cipta dimulai," kata Jokowi sembari langsung menundukkan kepala. Lalu, para peserta dan tamu undangan yang hadir juga ikut menundukka kepala.

Setelah mengheningkan cipta, Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang pun membacakan Pancasila. Ia membaca sila pertama hingga kelima dengan perlahan dan hikmat. Selain Oso, Zulkifli Hasan yang hadir, juga membacakan UUD 1945.

Selanjutnya, upacara berlangsung dengan baik, rapi dan hikmat. Upacara berakhir sekitar pukul 08.30 WIB.

4. Para pejabat negara yang hadir

Jokowi Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lubang BuayaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Dalam upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini, adapun jajaran pejabat negara yang hadir yakni Menteri Pendidikan dan Budaya (Mendikbud) Muhadjir Effendy, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Ada pula Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman, dan lainnya.

Baca Juga: Fakta-Fakta tentang Lubang Buaya, Lokasi Penyiksaan 7 Jenderal

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya