Jokowi: Presidensi G20 RI seperti Perjuangan Bung Karno

Jokowi ingin G20 jadi momen kepemimpinan Indonesia

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengatakan bahwa Presidensi G20 adalah momen untuk menunjukkan kepemimpinan Indonesia pada dunia. Menurutnya, perjuangan ini seperti yang dilakukan oleh Presiden pertama RI Sukarno.

“Kita manfaatkan juga ini sebagai momentum untuk menunjukkan kepemimpinan Indonesia di dunia internasional, kepemimpinan Indonesia untuk mewarnai arah dunia, dan kepemimpinan Indonesia untuk memperjuangkan kepentingan negara-negara berkembang,” ujar Jokowi dalam Pembukaan Kongres IV Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Indonesia (GMNI), Senin (6/12/2021).

Baca Juga: Presidensi G20, Jokowi ke Polri: Jaga Kehormatan RI

1. Jokowi sebut Presidensi G20 sama seperti perjuangan Sukarno saat pimpin Asia Afrika

Jokowi: Presidensi G20 RI seperti Perjuangan Bung KarnoPresiden Jokowi menggelar pertemuan CEOs Forum dengan beberapa investor besar asal Inggris (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Kemudian, Jokowi menyebut perjuangan untuk kepentingan negara-negara berkembang ini seperti yang dilakukan oleh Sukarno. Perjuangan tersebut, kata dia, seperti Sukarno yang memimpin negara-negara Asia Afrika.

“Sekarang ini kita memimpin negara-negara terkaya dunia untuk membangun dunia yang lebih baik, yang lebih berkeadilan bagi kita semua, bagi masyarakat, masa depan dunia,” ucap dia.

Baca Juga: Jokowi Mau Ajak Pimpinan G20 Kunjungi Hutan Mangrove

2. Jokowi minta Indonesia temukan cara baru untuk menyalip negara maju

Jokowi: Presidensi G20 RI seperti Perjuangan Bung KarnoPresiden Joko "Jokowi" Widodo (Dok. Biro Pers Sekretariat Negara)

Maka dari itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini meminta Indonesia bisa mencari cara baru untuk bersaing dengan negara lain. Jokowi optimistis Indonesia mampu menyalip negara-negara maju bila mampu menemukan cara baru yang efektif dalam bersaing secara global.

“Kita tidak cukup hanya naik tangga, kita harus melompat. Kalau tidak melompat ya jangan berharap kita bisa mendahului negara-negara lain yang sudah lebih maju dari kita,” tutur Jokowi.

3. Jokowi sebut jaga kedaulatan adalah dengan memenangkan kompetisi

Jokowi: Presidensi G20 RI seperti Perjuangan Bung Karno(Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Lebih jauh, Jokowi menyampaikan bahwa dalam dunia yang semakin terbuka, interaksi antar negara semakin tinggi dan gelombang globalisasi tak terhindarkan. Dia menyebut bukan hanya mobilitas fisik antar negara yang semakin tinggi, tetapi mobilitas gagasan dan pengetahuan juga semakin tinggi.

“Oleh karena itu, satu pilar utama dalam menjaga kedaulatan adalah memenangkan kompetisi. Kita harus memenangkan kompetisi di dalam negeri, kita harus memenangkan kompetisi di pasar global, di pasar luar negeri, kita harus lebih unggul dari negara lain, dan kita harus mampu mendahului negara lain dalam dunia yang semakin kompetitif sekarang ini,” ucapnya.

Baca Juga: Jokowi: RI Harus Berwatak Trendsetter Bukan Follower

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya