Comscore Tracker

Jokowi Sebut PSI Akan Menjadi Unicorn di Politik Indonesia

PSI identik dengan partai anak muda

Jakarta, IDN Times - Calon Presiden Petahana Joko "Jokowi" Widodo memberikan sambutan dalam perayaan ulang tahun PSI yang keempat, di ICE BSD, Tangerang, Banten pada Minggu (11/11). Dalam sambutannya, Jokowi sempat memuji PSI sebagai partai baru yang bisa meloncat tinggi. Bahkan, Jokowi menyebut PSI bisa menjadi unicorn bagi politik Indonesia.

Lalu, apa maksud Jokowi dengan unicorn politik Indonesia?
 

1. Jokowi membandingkan PSI dengan start up Unicorn

Jokowi Sebut PSI Akan Menjadi Unicorn di Politik Indonesia(Grace Natalie menyambut Presiden Joko Widodo ketika tiba) Partai Solidaritas Indonesia

Dalam kesempatannya, Jokowi memaparkan keberhasilan empat perusahaan start up yang saat ini sudah terbilang berhasil di Tanah Air. Ia menyebut keempat perusahaan itu adalah Unicorn di Asia Tenggara.

"Kita memiliki 4 Unicorn start up, yang masuk dalam 7 unicorn yang ada di Asia Tenggara. Empatnya ada di Indonesia. Keempatnya dimiliki oleh anak-anak muda. Kita tahu Traveloka, Gojek, Bukalapak, dan Tokopedia," kata Jokowi di ICE BSD, Tangerang, Banten pada Minggu (11/11).

"Ini semua batu loncatan anak-anak muda yang harus kita ikuti. Kenapa tidak PSI menguat seperti itu?" kata Jokowi lagi. 

Kemudian, mantan Gubernur DKI itu mengungkapkan bahwa saat ini adalah zamannya anak muda yang harus melakukan lompatan-lompatan. Karena peluang terbuka sangat lebar.

Baca Juga: Partai Solidaritas Indonesia Ingin Lebih Banyak Caleg Perempuan

2. PSI dikatakan kreasi baru di dunia politik

Jokowi Sebut PSI Akan Menjadi Unicorn di Politik Indonesia(Suasana HUT ke-4 Partai Solidaritas Indonesia) IDN Times/Teatrika Putri

Salah satu alasan ia membandingkan PSI dengan unicorn start up Indonesia, yakni di dalam partai politik tersebut terdapat anak-anak muda. Mereka menginginkan perubahan. 

"Di dunia politik khususnya parpol, kita juga menyaksikan kreasi anak-anak muda. Tentu saja dengan akuntabilitas. Kreatif dalam berdemokrasi. Siapa dia? PSI," kata Jokowi. 

3. Jokowi sebut PSI akan menjadi unicorn partai politik di Indonesia

Jokowi Sebut PSI Akan Menjadi Unicorn di Politik Indonesia(Suasana HUT ke-4 Partai Solidaritas Indonesia) IDN Times/Teatrika Putri

Menurut Jokowi, PSI pun bisa menjadi unicorn partai politik di Indonesia. Namun, untuk bisa maju membutuhkan semangat dan kerja keras. 

"Saya melihat ini (PSI) sedang bekerja keras menjadi Unicorn dalam partai Indonesia. Untuk menjadi unicorn dalam politik Tanah Air, modalnya adalah semangat dan kerja keras," kata dia. 

Topic:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya