Comscore Tracker

Jokowi: Rehabilitasi Mangrove Terus Dilakukan di Seluruh Tanah Air

Jokowi targetkan rehabilitasi 34 ribu hektare hutan magrove

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan rehabilitasi hutan mangrove akan dilakukan pemerintah di seluruh Tanah Air. Dia pun menargetkan rehabilitasi hutan mangrove seluas 34 ribu hektare di Indonesia.

"Rehabilitasi mangrove ini akan terus kita lakukan, tidak hanya di Kabupaten Bengkalis, tetapi di seluruh Tanah Air yang memang kita perlukan," kata Jokowi seperti yang ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (28/9/2021).

1. Jokowi sebut mangrove berkontribusi besar pada penyerapan emisi karbon

Jokowi: Rehabilitasi Mangrove Terus Dilakukan di Seluruh Tanah AirPresiden Jokowi membeli kepiting dari seorang nelayan di Cilacap, Jawa Tengah. (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi menyampaikan rehabilitasi harus terus dilakukan karena pohon mangrove menyimpan karbon sebanyak empat hingga lima kali lipat. Jumlah itu menurutnya lebih banyak daripada hutan tropis daratan.

"Sehingga akan berkontribusi besar pada penyerapan emisi karbon dan ini meneguhkan komitmen kita terhadap Paris Agreement, terhadap perubahakan iklim dunia," jelas Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Targetkan Rehabilitasi 34 Ribu Hektare Mangrove Tahun Ini

2. Jokowi harap rehabilitasi mangrove bisa tingkatkan pariwisata di daerah

Jokowi: Rehabilitasi Mangrove Terus Dilakukan di Seluruh Tanah AirKeterangan pers Presiden Jokowi setelah menanam mangrove di Pantai Wisata Raja Kecik, Bengkalis pada Selasa (28/9/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Selain itu, Jokowi mengharapkan penanaman pohon mangrove ini bisa mengendalikan abrasi. Keberadaan mangrove, ia menambahkan, juga diharapkan bisa meningkatkan pariwisata di daerah.

"Kita rehabilitasi dalam rangka mengendalikan abrasi, dalam rangka juga mendukung ekowisata, pariwisata di daerah, dan tentu saja kita harapkan juga mendukung ekonomi masyarakat di sekitar kawasan ini," ujar Jokowi.

3. Jokowi targetkan rehabilitasi 34 ribu hektare magrove tahun ini

Jokowi: Rehabilitasi Mangrove Terus Dilakukan di Seluruh Tanah AirPresiden Jokowi kunjungan kerja ke Riau dan Kepulauan Riau (dok.Biro Pers Kepresidenan)

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga menanam pohon mangrove bersama masyarakat di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (23/9/2021). Ia menargetkan rehabilitasi mangrove seluas 34 ribu hektare di seluruh Tanah Air tahun ini.

"Rehabilitasi mangrove akan terus kita lakukan, baik oleh Badan Restorasi Gambut dan Mangrove dan juga oleh KLHK, dan target kita di tahun 2021 ini adalah kurang lebih 34 ribu hektare di seluruh Tanah Air," kata Jokowi seperti yang ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi mengungkapkan rehabilitasi harus dilakukan untuk melestarikan kawasan hutan mangrove. Sehingga, dapat memperbaiki lingkungan pesisir dan habitat di daerah pantai serta meningkatkan pendapatan masyarakat.

"Kita harapkan berdampak kepada peningkatan produksi ikan dan produksi hasil laut lainnya, terutama ini kepiting ini tadi kita dapat kepiting dua. Sehingga nantinya kita dapat meningkatkan pendapatan masyarakat di pesisir pantai ini," jelasnya.

Baca Juga: Jokowi Terbang ke Riau dan Kepri, Mau Menanam Mangrove Bareng Warga

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya