Jokowi Resmikan Jalan Bypass Balige Senilai Rp176 Miliar di Toba

Jalan ini sudah dibangun selama lima tahun

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meresmikan Jalan Bypass Balige, Kabupaten Toba, Sumatra Utara, Rabu (2/2/2022). Jalan tersebut dibangun pemerintah selama lima tahun dan menelan anggaran Rp176 miliar.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hedy Rahadian mengatakan, Jalan Bypass Balige dibangun untuk mencegah terjadinya kemacetan yang terjadi di Kota Balige dan sekitarnya.

"Jadi ini jalan untuk mencegah terjadinya kemacetan di Balige, jadi sifatnya lingkar bypass, sehingga traffic-traffic yang sifatnya go through tidak akan ke Balige, itu bisa melalui jalan lingkar ini," ujar Hedy seperti yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Diperintah Jokowi, Polri Siap Menindak Tegas Mafia Karantina COVID-19

1. Jalan Bypass Balige diharapkan bermanfaat bagi masyarakat

Jokowi Resmikan Jalan Bypass Balige Senilai Rp176 Miliar di TobaPresiden Jokowi resmikan Jalan Bypass Balige di Kabupaten Toba pada Rabu (2/2/2022). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Tak hanya itu, pemerintah juga berharap jalan sepanjang 9,8 km itu bisa memberikan manfaat bagi masyarakat.

"Ini akan memperbaiki, meningkatkan aksesibilitas untuk kawasan-kawasan di sekitar Balige. Jadi ini juga akan membentuk ruang pengembangan Kota Balige ke depan," tutur Hedy.

2. Jalan Bypass Balige bisa mempersingkat waktu tempuh perjalanan

Jokowi Resmikan Jalan Bypass Balige Senilai Rp176 Miliar di TobaPresiden Jokowi resmikan Jalan Bypass Balige di Kabupaten Toba pada Rabu (2/2/2022). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Seorang warga sekitar, Rohana Simanjuntak, mengaku senang dengan adanya pembangunan Jalan Bypass Balige. Sebab, jalan tersebut bisa mempersingkat waktu tempuh.

"Sebelumnya saya harus melalui kota, makan waktu terus karena kepadatan juga di sana cenderung macet, jadi karena sudah ada jalan bypass ini sangat membantu kira-kira 15 menit lah waktu saya sangat tertolong," ujar Rohana.

"Harapannya ke depan, jalanan ini terawat dengan baik, tidak langsung rusak, jadi manfaatnya bisa berkelanjutan, pemeliharaannya berkelanjutan, jadi manfaatnya bisa maksimal," lanjut dia.

Baca Juga: Jokowi Kunjungan Kerja ke Sumut Bareng Sandiaga Hari Ini

3. Jokowi kunjungan kerja ke Sumatra Utara hari ini

Jokowi Resmikan Jalan Bypass Balige Senilai Rp176 Miliar di TobaPresiden Jokowi kunjungan kerja ke Sumatra Utara (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Sumatra Utara hari ini. Dalam kunjungannya kali ini, presiden didampingi Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Di Sumatra Utara, Jokowi diagendakan meninjau dan meresmikan sejumlah infrastruktur. Salah satunya adalah jalan bypass Balige di Kabupaten Toba.

"Dari Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta, Kota Tangerang, Presiden dan rombongan lepas landas menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 07.00 WIB," tulis keterangan Sekretariat Presiden, Rabu (2/2/2022).

Saat tiba di Bandara Internasional Silangit, Kabupaten Tapanuli Utara, Jokowi langsung melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Toba untuk meninjau dan meresmikan jalan bypass Balige. Setelah itu, ia membagikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada para pedagang di Pasar Porsea, Kabupaten Toba.

"Selepas itu, Presiden akan meninjau dan meresmikan penataan Kawasan Pantai Bebas Parapat dan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Parapat di Pantai Bebas Parapat, Kabupaten Simalungun," tulis keterangan Sekretariat Presiden.

Berikutnya, Jokowi juga berkunjung ke Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Toba. Di sana, ia akan meresmikan Pelabuhan Ajibata beserta enam pelabuhan lainnya, serta empat kapal motor penumpang (KMP). Peresmian itu akan dilakukan Jokowi sebelum ia lepas sauh menuju Kabupaten Samosir menggunakan kapal feri.

Di Kabupaten Samosir, mantan Gubernur DKI Jakarta ini diagendakan meresmikan penataan Kawasan Huta Siallagan dan menyerahkan bantuan langsung tunai bagi para pedagang di sana. Jokowi juga akan meninjau penataan Kawasan Huta Raja dan meresmikan Kampung Ulos Huta Raja di Kecamatan Pangururan.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya