Jokowi Resmikan Rusun Pasar Rumput Senilai Rp970 Miliar

Jokowi harap rusun bisa beri hunian layak bagi masyarakat

Jakarta, IDN Times -  Presiden Joko "Jokowi" Widodo meresmikan Rumah Susun Pasar Rumput, Jakarta Selatan, pada Senin (20/9/2021). Jokowi menuturkan, rumah susun hingga fasilitas di Pasar Rumput ini telah dibangun sejak 2016 lalu, dan akhirnya sudah siap beroperasi.

"Rusun Pasar Rumput ini dibangun dengan biaya Rp970 miliar, menjadi istimewa karena dibangun dengan konsep mixed use development," kata Jokowi saat meresmikan Rusun Pasar Rumput.

Baca Juga: Jokowi Curhat Jarang Ketemu Jan Ethes karena Pandemik, Jadi Pangling

1. Rusun Pasar Rumput terdiri dari 1.984 unit tipe 36

Jokowi Resmikan Rusun Pasar Rumput Senilai Rp970 MiliarPresiden Jokowi resmikan Rusun Pasar Rumput pada Senin (20/9/2021). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi menyampaikan bahwa Rusun Pasar Rumput ini tidak hanya berfungsi sebagai hunian saja, melainkan juga memiliki fasilitas sosial dan umum yang lengkap.

Dia menuturkan, Rusun Pasar Rumput terdiri dari 1.984 unit tipe 36 yang terletak di lantai 4 hingga lantai 25. Selain unit untuk tempat tinggal, ada juga pasar hingga ruko-ruko yang berada di Rusun Pasar Rumput ini.

"Keberadaan pasar dengan fasos dan fasum yang lengkap ini memberikan kemudahan bagi para penghuni untuk melakukan aktivitas ekonomi seperti berdagang dan menjalankan kegiatan ekonomi lainnya," tutur Jokowi.

Baca Juga: Kampung Akuarium Sering Didatangi Orang yang Ngaku Punya Hak Rusun

2. Jokowi sebut Rusun Pasar Rumput bisa tampung warga sisi Sungai Ciliwung yang terdampak normalisasi

Jokowi Resmikan Rusun Pasar Rumput Senilai Rp970 MiliarSungai di Jakarta (IDN Times/Anata)

Tak hanya itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menyampaikan Rusun Pasar Rumput bisa menampung masyarakat dari sisi Sungai Ciliwung untuk mendapatkan hunian baru. Dengan adanya rusun ini, kata Jokowi, diharapkan bisa meringankan beban masyarakat, khususnya terkait dengan penyediaan hunian yang nyaman dan terjangkau.

"Saya juga senang mendengar bahwa rusun ini juga nantinya bisa menampung masyarakat dari sisi Sungai Ciliwung yang terdampak program normalisasi sungai bagi penanganan banjir," ucapnya.

3. Jokowi harap Rusun Pasar Rumput bisa bantu masyarakat miliki hunian yang layak dan nyaman

Jokowi Resmikan Rusun Pasar Rumput Senilai Rp970 MiliarPresiden Jokowi resmikan Rusun Pasar Rumput pada Senin (20/9/2021). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi mengatakan Rusun Pasar Rumput juga didukung dengan jalur transportasi yang baik dan terintegrasi. Sehingga, hal itu dapat memudahkan penghuni untuk melakukan mobilitas.

"Saya berharap dengan beroperasinya Rusun Pasar Rumput ini bisa membantu saudara-saudara kita untuk memiliki hunian yang layak dan nyaman dengan lokasi strategis untuk melakukan kegiatan ekonomi.

Baca Juga: 5 Channel YouTube tentang Renovasi Rumah, Inspirasi buat Bangun Hunian

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya