Jokowi Sebut Padang sebagai Provinsi, Ini Penjelasan Istana

Jokowi sebut Padang sebagai provinsi saat tinjau tol

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyebut Padang sebagai provinsi saat meninjau Jalan Tol Trans Sumatra ruas Pekanbaru-Padang. Terkait pernyataan Jokowi itu, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan bahwa orang nomor satu di Indonesia itu tidak bermaksud menyebut Padang sebagai provinsi dan itu hanya salah pengucapan saja.

"Maksudnya Provinsi Sumatra Barat, Kota Padang. Kan jalan tol dari Pekanbaru sampai Padang," kata Heru kepada IDN Times, Rabu (19/5/2021).

1. Jokowi salah sebut Padang sebagai provinsi

Jokowi Sebut Padang sebagai Provinsi, Ini Penjelasan IstanaPresiden Jokowi meninjau Jalan Tol Trans Sumatra ruas Pekanbaru-Bangkinang (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Presiden Jokowi meninjau Jalan Tol Trans Sumatra ruas Pekanbaru-Padang, di Kota Pekanbaru, pada Rabu (19/5/2021). Usai peninjauan, Jokowi memberikan keterangan pers terkait perkembangan pembangunan Tol Trans Sumatra tersebut.

Namun, ada yang menarik perhatian saat Jokowi memberikan keterangan pers. Awalnya, orang nomor satu di Indonesia itu berharap pembangunan Tol Trans Sumatra di ruas Pekanbaru-Padang ini bisa meningkatkan mobilitas masyarakat di Provinsi Riau dan Kota Padang. Tetapi, saat Jokowi menyebutkan harapannya itu, ia salah menyebut Padang sebagai provinsi.

"Kita memiliki daya saing yang tinggi terhadap negara-negara lain dan produk-produk yang ada, baik di Provinsi Riau dan di Provinsi Padang nantinya akan memiliki daya saing yang baik terutama dalam rangka bersaing dengan produk-produk dari negara-negara lain," ujar Jokowi seperti yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (19/5/2021).

Baca Juga: Geger Pidato Jokowi Soal Bipang Ambawang, Begini Respons Netizen

2. Jokowi harap Tol Trans Sumatra bisa menggenjot mobilitas

Jokowi Sebut Padang sebagai Provinsi, Ini Penjelasan IstanaPresiden Jokowi meninjau Jalan Tol Trans Sumatra ruas Pekanbaru-Bangkinang (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Dalam kunjungannya meninjau Tol Trans Sumatra ruas Pekanbaru-Padang, Jokowi mengatakan ruas jalan tol ini sudah berjalan sekitar 40 km. Ia berharap, akses jalan tol tersebut bisa mempercepat mobilitas masyatakat.

"Kita harapkan progresnya makin hari makin panjang, dan sekali lagi dengan terbukanya banyak ruas-ruas jalan tol ini kita harapkan mobilitas barang, mobilitas orang bisa dipercepat," kata Jokowi.

3. Yang dimaksud Jokowi adalah Kota Padang Ibu Kota Sumatra Barat

Jokowi Sebut Padang sebagai Provinsi, Ini Penjelasan IstanaPresiden Jokowi meninjau Jalan Tol Trans Sumatra ruas Pekanbaru-Bangkinang (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Kesalahan pengucapan itu tentu menjadi perhatian tersendiri karena Jokowi adalah seorang kepala negara. Sebagaimana diketahui, yang dimaksud oleh Jokowi sendiri adalah Padang ibu kota Provinsi Sumatra Barat. Kota Padang merupakan ibu kota Provinsi Sumatra Barat yang terletak di pantai barat pulau Sumatra. Kota Padang juga terdiri dari 11 Kecamatan.

Geografis wilayah Kota Padang yaitu 51,01 persen berupa hutan lindung, 7,35 persen terdiri dari bangunan dan perkarangan, dan sisanya adalah lahan pertanian serta pemukiman. Kota Padang juga memiliki 19 pulau besar dan kecil. Ketinggian wilayah Kota Padang cukup bervariasai antara 0–1853 m dpl. Dilalui oleh 5 sungai besar dan 16 sungai kecil. Kondisi ini semakin didukung oleh curah hujan rata-rata 296,00 mm/bulan (2015) serta suhu yang cukup rendah setiap tahunnya. Kelembaban suhu di Kota Padang berkisar antara 81-88 persen.

Baca Juga: Jokowi Promosi Bipang Ambawang, Mendag Lutfi Minta Maaf

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya