Jokowi Serukan Transformasi Hukum untuk Berantas Korupsi

Jokowi sebut pemerintah kawal sejumlah agenda transformasi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo meminta adanya transformasi di bidang hukum. Menurut Jokowi, hal itu perlu dilakukan guna memberantas tindak pidana korupsi di Indonesia. Arahan ini disampaikan Jokowi saat menghadiri Sidang Istimewa Laporan Tahunan Mahkamah Agung 2021.

“Transformasi juga kita lakukan di bidang hukum melalui reformasi struktural deregulasi dan debirokratisasi dalam rangka meningkatkan kepastian hukum dan kemudahan berusaha, menarik sebanyak mungkin dan menjamin keamanan investasi, memperluas lapangan kerja dan meningkatkan daya saing bangsa serta memberantas tindak pidana korupsi,” ujar Jokowi seperti yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (22/2/2022).

Baca Juga: Pelapor Korupsi Jadi Tersangka, KPK Koordinasi dengan Aparat Hukum

1. Jokowi ingin ada transformasi di sistem peradilan

Jokowi Serukan Transformasi Hukum untuk Berantas KorupsiPresiden Jokowi hadiri Sidang Istimewa Laporan Tahunan Mahkamah Agung 2021 (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi lalu mengapresiasi Mahkamah Agung (MA) yang telah mengakselerasi pembangunan pengadilan modern, mentransformasi dari sistem peradilan konvensional ke sistem peradilan yang lebih modern. Hal itu, kata Jokowi, bisa mempercepat transformasi hukum di Indonesia.

“Transformasi ini menjadi tahapan penting dalam memberikan pelayanan peradilan yang lebih baik bagi masyarakat pencari keadilan. Pelayanan peradilan yang lebih cepat dan lebih mudah, yang sederhana, berbiaya ringan dan profesional serta memastikan terciptanya penegakan hukum yang berkeadilan,” jelas Jokowi.

Baca Juga: Kadisdukcapil Jabar Terdakwa Dugaan Korupsi Bansos 

2. Jokowi sebut pemerintah tengah kawal sejumlah agenda transformasi

Jokowi Serukan Transformasi Hukum untuk Berantas KorupsiPresiden Jokowi hadiri Sidang Istimewa Laporan Tahunan Mahkamah Agung 2021 (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi menuturkan, saat ini pemerintah memang tengah mengawal sejumlah transformasi penting. Selain itu, lanjutnya, pemerintah juga tengah meningkatkan pemerataan agar pembangunan lebih Indonesia sentris.

“Mendukung UMKM naik kelas antara lain melalui digitalisasi, memperkuat ekonomi hijau yang lebih menyehatkan dan mensejahterakan rakyat, mempercepat transisi menuju energi baru terbarukan dan memperkuat ekonomi biru agar kekayaan maritim kita bisa lestari dan menyejahterakan rakyat,” ucap Jokowi.

Baca Juga: Cara Daftar dan Syarat Penerima BLT UMKM Tahun 2022

3. Jokowi minta seluruh komponen bangsa dukung agenda transformasi pemerintah

Jokowi Serukan Transformasi Hukum untuk Berantas KorupsiPresiden Joko "Jokowi" Widodo (Dok. Biro Pers Sekretariat Negara)

Lebih lanjut, mantan Gubernur DKI Jakarta ini menuturkan bahwa semua agenda transformasi tersebut tidak mungkin bisa dikerjakan sendiri oleh pemerintah, melainkan butuh dukungan penuh dari seluruh komponen bangsa.

“Pemerintah butuh dukungan penuh dari lembaga legislatif dan lembaga yudikatif. Pemerintah butuh dukungan dari Mahkamah Agung dan jajaran pengadilan tinggi, pengadilan negeri di seluruh Tanah Air Indonesia,” kata Jokowi.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya