Jokowi Soal Sontoloyo, Demokrat: Tak Mau Dikritik Jangan Jadi Pemimpin

Menurut Hinca, kritik pada Jokowi masih wajar

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Pandjaitan menanggapi sindiran Jokowi yang menyebut "politisi sontoloyo". Menurutnya, calon presiden nomor urut 01 itu seharusnya menggunakan istilah yang baik di tengah masyarakat.

Menurut Hinca, kritikan yang dilayangkan oleh beberapa politisi juga dianggapnya masih normal. Sehingga, tidak perlu dianggap berseberangan.

1. Kritik yang dilayangkan kepada pemerintah masih dianggap normal

Jokowi Soal Sontoloyo, Demokrat: Tak Mau Dikritik Jangan Jadi PemimpinSetkab/Humas/Agung

Mendengar pernyataan Jokowi tentang 'politisi sontoloyo', Hinca pun mengatakan agar Jokowi bisa menggunakan istilah yang baik di tengah masyarakat. Karena baginya, kritikan para politisi tentang dana kelurahan juga masih terbilang normal.

"Ada suatu kebijakan Anda kritisi, itu normal saja. Oleh karena itu, kritik itu harus dianggap sebagai vitamin lah. Tidak perlu misalnya dianggap menjadi terus berseberangan sekali. Jadi saya kira dalam alam demokrasi yang terbuka, kritik itu sangat baik," kata Hinca di Gedung DPR RI, Rabu (24/10).

2. Menjadi pemimpin harus siap mendapatkan kritik dari berbagai pihak

Jokowi Soal Sontoloyo, Demokrat: Tak Mau Dikritik Jangan Jadi PemimpinIDN Times/Irfan Fathurohman

Lebih lanjut, Hinca menyampaikan bahwa menjadi pemimpin harusnya sudah siap menerima kritik dari pihak manapun. Jika tidak ingin dikritik, kata dia, lebih baik tidak usah menjadi seorang pemimpin.

"Saya selalu bilang begini ilustrasinya, jika engkau tidak ingin terpercik air, mengapa engkau dirikan rumahmu di pinggir pantai. Jika engkau tidak ingin dikritik media, jangan jadi bupati, gubernur, kan begitu," terang Hinca.

Sindirnya, lebih baik menjadi rakyat biasa, sehingga tidak akan menerima kritikan dari berbagai pihak.

"Lebih bagus kayak ibuku saja sekalian, petani. Kan tidak mungkin kalian kritik. Itu lah makna tadi jika engkau tidak ingin terpercik air mengapa engkau dirikan rumahmu di tepi pantai," sambungnya.

3. Jokowi sebut politisi sontoloyo

Jokowi Soal Sontoloyo, Demokrat: Tak Mau Dikritik Jangan Jadi PemimpinIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sebelumnya, Presiden Joko "Jokowi" Widodo sempat berpesan agar masyarakat tidak mudah percaya kepada ucapan politisi. Karena menurutnya, banyak politisi yang memperdaya masyarakat untuk keperluan politik mereka. 

"Hati-hati, banyak politikus yang baik-baik, tapi juga banyak politikus yang sontoloyo!" kata Jokowi saat menghadiri pembagian 5.000 sertifikat tanah di Lapangan Sepakbola Ahmad Yani, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (22/10).

Apa komentar kamu soal ini, guys?

Baca Juga: Jokowi Sebut Politisi Penyebar Hoaks Sontoloyo

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya