Jokowi Targetkan 70 Juta Orang Sudah Divaksin pada September Ini

Hari ini dimulai Vaksin Gotong Royong pada 19 perusahaan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menargetkan vaksinasi terhadap 70 juta orang akan tercapai. Hal itu disampaikan Jokowi saat meninjau proses vaksinasi Gotong Royong untuk pekerja di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, pada Selasa (18/5/2021).

"Kita berharap nantinya di Bulan Agustus atau maksimal di Bulan September sudah mencapai jumlah kurang lebih 70 juta yang divaksin, sehingga kita harapkan di bulan-bulam itu kurvanya sudah berada di bawah," ujar Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (18/5/2021).

"Kita harapkan, terutama perusahaan, pabrik, industri semuanya bisa berproduksi dalam suasana yang normal kembali," tambah Jokowi.

Baca Juga: Vaksin Gotong Royong, Jokowi: Ekonomi Jatuh jika Industri Tak Produksi

1. Proses vaksinasi Gotong Royong dimulai dari 19 perusahaan

Jokowi Targetkan 70 Juta Orang Sudah Divaksin pada September IniPresiden Jokowi tinjau proses penyuntikan Vaksin Gotong Royong (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi menyampaikan, pada hari ini, proses vaksinasi Gotong Royong telah dimulai oleh 19 perusahaan. Salah satunya adalah Unilever.

"Jadi perusahaan-perusahaam memberikan vaksinnya kepada seluruh menajemen, karyawan, dan pekerjanya, diberikan dengan gratis oleh perusahaan dan ini atas kerjasama KADIN dan seluruh perusahaan yang ada negara kita," ujar Jokowi.

2. Jokowi harap target 181,5 juta orang divaksin bisa tercapat

Jokowi Targetkan 70 Juta Orang Sudah Divaksin pada September Iniilustrasi vaksinasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Jokowi pun berharap Vaksin Gotong Royong bisa memperceoat proses vaksinasi di Tanah Air. Meski begitu, ia mengatakan Indonesia baru mendapatkan sebanyak 420 ribu vaksin untuk program Vaksin Gotong Royong dari 30 juta komitmen yang didapatkan.

"Kita harapkan nanti kita akan mendapatkan suplai vaksinnya lebih banyak. Sehingga proses vaksinasi Gotong Royong ini bisa mempercepat target dari vaksinasi yang ingin kita lakukan yaitu 181,5 juta dari penduduk yang ingin kita vaksin. Dan kita harapkan target itu bisa dipercepat dengan adanya Vaksin Gotong Royong ini," pungkasnya.

Baca Juga: Jokowi Sebut Pasokan untuk Vaksin Gotong Royong Baru Dapat 420 Ribu 

3. Sebanyak 22.736 perusahaan sudah terdaftar di program Vaksin Gotong Royong

Jokowi Targetkan 70 Juta Orang Sudah Divaksin pada September IniKetua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia Rosan Roeslani (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Rosan Roeslani mengatakan sebanyak 20 ribu perusahaan sudah mendaftar untuk program Vaksin Gotong Royong. Vaksin mandiri ini memang diprogramkan bagi perusahaan-perusahaan swasta.

"Dari begitu banyaknya perusahaan sekarang, ada kurang lebih 22.736 perusahaan yang terdaftar dan lebih dari 10 juta orang," kata Rosan dalam keterangannya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (18/5/2021).

Rosan berharap ke depannya semakin banyak perusahaan yang mendaftar program Vaksin Gotong Royong. Dia mengharapkan agar 22.700 perusahaan yang telah mendaftar bisa menggerakkan perusahaan swasta lainnya untuk ikut bergabung dalam program ini.

"Biasanya kalau ini sudah berjalan, mereka sudah melihat hasilnya, akan lebih banyak lagi perusahaan akan ikut karena mereka biasa kan kalau kita melihat 'wah ini sudah brjalan nih, oke kita akan ikut lagi'. Dan saya melihat angkanya akan menambah secara signifikn ke depannya," ujar Rosan.

Baca Juga: KADIN: 22.736 Perusahaan Sudah Daftar Vaksin Gotong Royong

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya