Comscore Tracker

Jokowi Terbang ke Riau dan Kepri, Mau Menanam Mangrove Bareng Warga

Jokowi juga akan tinjau titik terdampak abrasi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo berkunjung ke Provinsi Riau dalam rangka kunjungan kerja, Selasa (28/9/2021). Dalam kunjungan ini, Jokowi diagendakan akan menanam pohon mangrove bersama masyarakat, serta meninjau titik terdampak abrasi di Pantai Wisata Raja Kecik.

"Bersama rombongan terbatas, Presiden lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 07.30 WIB," tulis siaran pers Sekretariat Presiden, yang dikutip IDN Times, Selasa.

Baca Juga: Kepuasan pada Kinerja Jokowi Turun, Faldo: Ini Persoalan Semua Negara

1. Jokowi akan tinjau titik terdampak abrasi di Pantai Wisata Raja Kecik

Jokowi Terbang ke Riau dan Kepri, Mau Menanam Mangrove Bareng WargaPresiden Jokowi kunjungan kerja ke Riau dan Kepulauan Riau (dok.Biro Pers Kepresidenan)

Setibanya di Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin, Kota Pekanbaru, Jokowi akan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU untuk menuju Kabupaten Bengkalis. Di sana, Jokowi akan menanam pohon mangrove bersama masyarakat dan meninjau titik terdampak abrasi di Pantai Wisata Raja Kecik.

"Setelah itu, Presiden akan kembali menuju Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin, Kota Pekanbaru, dengan menggunakan helikopter. Dari Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin, Presiden dan rombongan kemudian akan lepas landas menuju Provinsi Kepulauan Riau (Kepri)," tulis keterangan Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Kisah Polisi di Riau Gendong Pasien COVID-19 Seberangi Sungai

2. Kunjungan kerja Jokowi ditemani Mensesneg Pratikno

Jokowi Terbang ke Riau dan Kepri, Mau Menanam Mangrove Bareng WargaPresiden Jokowi kunjungan kerja ke Riau dan Kepulauan Riau (dok.Biro Pers Kepresidenan)

Setibanya di Bandara Internasional Hang Nadim, Kota Batam, mantan Gubernur DKI Jakarta ini akan menuju Kelurahan Setokok, Kecamatan Bulang untuk kembali menanam pohon mangrove bersama masyarakat. Usai kegiatannya selesai, Jokowi akan  langsung kembali menuju Jakarta.

Dalam kunjungannya hari ini, Jokowi ditemani oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Baca Juga: Jokowi Terbang ke Cilacap Tanam Mangrove hingga ke SMA Negeri 2

3. Jokowi targetkan rehabilitasi 34 ribu hektare magrove tahun ini

Jokowi Terbang ke Riau dan Kepri, Mau Menanam Mangrove Bareng WargaSaat Presiden Jokowi Naik Perahu Seberangi Sungai untuk Sapa Warga di Cilacap, Jawa Tengah pada Kamis (23/9/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Presiden Jokowi menargetkan rehabilitasi mangrove seluas 34 ribu hektare di seluruh Tanah Air tahun ini. Hal itu disampaikan Jokowi usai menanam pohon mangrove bersama masyarakat di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (23/9/2021).

"Rehabilitasi mangrove akan terus kita lakukan, baik oleh Badan Restorasi Gambut dan Mangrove dan juga oleh KLHK, dan target kita di tahun 2021 ini adalah kurang lebih 34 ribu hektare di seluruh Tanah Air," kata Jokowi seperti yang ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi mengungkapkan rehabilitasi harus dilakukan untuk melestarikan kawasan hutan mangrove. Selain itu, rehabilitasi diharapkan bisa mengantisipasi perubahan iklim yang sedang terjadi.

"Penanaman mangrove ini kita lakukan, kita harapkan dapat mengurangi energi gelombang, melindungi pantai dari abrasi, menghambat intrusi air," ujar Jokowi.

Selain itu, mantan Wali Kota Solo ini berharap penanaman magrove dapat memperbaiki lingkungan pesisir dan habitat di daerah pantai. Sehingga, bisa meningkatkan pendapatan masyarakat di pesisir.

"Kita harapkan berdampak kepada peningkatan produksi ikan dan produksi hasil laut lainnya, terutama ini kepiting ini tadi kita dapat kepiting dua. Sehingga nantinya kita dapat meningkatkan pendapatan masyarakat di pesisir pantai ini," jelasnya.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya