Comscore Tracker

Jokowi Ternyata Rajin Baca Komentar Warganet di Medsos pada Malam Hari

Presiden Jokowi  pantau perkembangan isu di medsos

Jakarta, IDN Times - Asisten Ajudan Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Syarif Muhammad Fitriansyah, bercerita tentang rutinitas yang sering dilakukan Presiden Jokowi. Dia mengatakan, Jokowi kerap membaca komentar-komentar warganet di media sosial. Biasanya, Jokowi akan membaca komentar warganet pada malam hari.

"Beliau justru malam itu lebih memperhatikan apa yang terjadi di Indonesia, terutama baca berita, nonton TV, yang perlu harus siapkan, yang harus Presiden turun tangan. Lalu Beliau baca komentar di sosmed," kata Syarif dalam program Ngobrol Seru bersama IDN Times, Senin (18/10/2021).

Baca Juga: Deretan Pembangunan Infrastruktur di Periode Kedua Pemerintahan Jokowi

1. Jokowi perhatikan masukan-masukan dari netizen di media sosial

Jokowi Ternyata Rajin Baca Komentar Warganet di Medsos pada Malam HariPresiden Jokowi pimpin rapat terbatas di Istana Merdeka pada Senin (19/10/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Syarif menuturkan, selama ini Presiden Jokowi sering mengikuti perkembangan isu di Indonesia pada malam hari. Bahkan, tak jarang kebijakan yang dikeluarkan karena selalu memantau di media sosial.

"Beliau concern sekali terhadap apa yang menjadi masukan kepada Beliau, terutama netizen, tapi akan tetap ditelaah oleh Beliau, ada juga beberapa yang ditindaklanjuti oleh Beliau," jelas Syarif.

2. Para ajudan punya prinsip tidak tidur sebelum presiden tidur, bangun sebelum presiden bangun

Jokowi Ternyata Rajin Baca Komentar Warganet di Medsos pada Malam HariAsisten Ajudan Presiden Jokowi, Syarif Muhammad Fitriansyah (Dok.Istimewa)

Syarif juga menceritakan, tak jarang saat dinas ia mendapatkan panggilan dadakan. Sebab prinsipnya, para ajudan dan asisten ajudan tidak boleh tidur sebelum Presiden tidur, dan harus sudah bangun sebelum Presiden bangun.

"Artinya selama dinas, kalau Beliau hanya istirahat mungkin 5 jam kita mungkin bisa kurang dari itu, Beliau 4 jam kita bisa kurang dari itu. Nah, tapi kan Beliau punya beberapa ajudan dan beberapa asisten ajudan, sehingga kita pun memiliki shift duty," ucap dia.

3. Pergantian jam kerja ajudan dan asisten ajudan presiden menjadi satu bulan selama pandemik

Jokowi Ternyata Rajin Baca Komentar Warganet di Medsos pada Malam HariAsisten Ajudan Presiden Jokowi, Syarif Muhammad Fitriansyah (Instagram/@syrfxvii)

Syarif juga menyampaikan, selama pandemik aturan kerja dinas dengan Presiden Jokowi jadi berubah. Biasanya, para ajudan dan asisten ajudan bertukar jam kerja selama seminggu. Namun, selama pandemik menjadi sebulan.

"Sebelum pandemik itu kita lakukan dinas selama seminggu-seminggu, ketika masa pandemik agar terstruktur artinya kita memiliki masa karantina dan masa dinas berarti diperpanjang masa dinasnya sebulan, jadi karantina dulu setelah itu baru masuk sebulan," kata dia.

"Ketika off dinas pun tidak bisa dikatakan liburan ya, tapi artinya pasti kita akan mendapatkan tugas-tugas yang belum terselesaikan atau mungkin tugas yang didelegasi ke kita, nah ibarat kasarnya on-call, jadi siap dipanggil kalau ada tugas datang," terang Syarif.

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya