Jokowi Tinjau Vaksinasi di Depok, Targetkan 1 Juta Orang per Hari

Jokowi targetkan pada Juli 70 juta penduduk sudah divaksin

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meninjau proses vaksinasi COVID-19 di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), Depok, Jawa Barat, pada Rabu (9/6/2021). Ia berharap, proses vaksinasi di Indonesia bisa semakin meningkat. Bahkan, Jokowi menargetkan vaksinasi pada Juli mendatang bisa mencapai 1 juta orang per hari.

"Kita berharap pada bulan ini, bulan Juni, target vaksinasi per hari 700 ribu itu bisa benar-benar tercapai. Sehingga di bulan Juli kita sudah masuk pada target vaksinasi per hari satu juta," kata Jokowi seperti yang disiarkan di channel YouTube Sekretariat Presiden.

1. Pengemudi ojek online di Depok akan divaksinasi melalui drive thru

Jokowi Tinjau Vaksinasi di Depok, Targetkan 1 Juta Orang per HariPresiden Jokowi tinjau vaksinasi COVID-19 di RSUI Kota Depok (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi menyampaikan, jumlah peserta vaksinasi di RSUI hari ini sebanyak 1.200 orang. Adapun yang mengikuti vaksinasi seperti pendidik, lansia, dan pelayan publik.

Selain itu, para pengemudi ojek online juga turut mengikuti program vaksinasi hari ini melalui drive thru.

"Tadi juga saya melihat langsung pelaksanaan vaksinasi drive thru untuk para pengemudi ojek, baik untuk selain roda dua, juga roda empat. Kita harapkan proses vaksinasi ini tidak hanya berjalan di sini saja, tapi juga di daerah lain, provinsi lain juga bergerak secara cepat," ucap Jokowi.

Baca Juga: Siap-siap! Warga DKI Usia 18 Tahun ke Atas akan Divaksinasi COVID-19 

2. Bandung dan Tangerang juga melakukan vaksinasi massal

Jokowi Tinjau Vaksinasi di Depok, Targetkan 1 Juta Orang per HariIlustrasi Vaksin COVID-19 (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)

Jokowi mengatakan, proses vaksinasi hari ini bukan hanya digelar di Depok saja. Melainkan, sudah mulai dilakukan di daerah-daerah lai.

"Tadi saya sudah mendapatkan informasi dari menteri kesehatan bahwa hari ini juga dilaksanakan di Bandung, kemudian di Tangerang yang jumlahnya massal, banyak," tutur dia.

3. Jokowi targetkan 70 juta penduduk RI sudah divaksinasi pada Juli mendatang

Jokowi Tinjau Vaksinasi di Depok, Targetkan 1 Juta Orang per HariPresiden Jokowi tinjau vaksinasi COVID-19 di RSUI Kota Depok (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengingatkan kepala daerah agar terus mendukung program vaksinasi COVID-19. Dia menargetkan, pada Juli mendatang, sebanyak 70 juta penduduk Indonesia sudah divaksinasi.

"Dengan cara ini kita harapkan pemulihan kesehatan bisa kita segera capai. Kita ingin nanti di Juli paling tidak 70 juta penduduk kita harus sudah divaksinasi. Nanti kurvanya akan kelihatan turunnya di Juli kalau vaksinasinya bisa mencapai 70 juta orang," tutur Jokowi dalam Rapat Koordinasi Kepala Daerah, yang diunggah di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 14 April 2021.

Untuk mencapai target pemerintah tersebut, Jokowi berharap target vaksinasi tepat sasaran. Ia ingin kelompok prioritas mendapatkan vaksin terlebih dahulu.

"Sasarannya adalah yang pertama saya kira kita sudah berulang-ulang, tenaga kesehatan, pelayanan publik, kemudian para lansia, kemudian lokasi-lokasi yang interaksi antar masyarakat yang tinggi, dan mobilitasnya tinggi itu yang diberikan prioritas terlebih dahulu," kata dia.

 

Baca Juga: [LINIMASA] Perkembangan Vaksinasi COVID-19 di Indonesia

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya