Jokowi Tunjuk Ketua LIPI Laksana Tri Handoko Jadi Kepala BRIN?

Disebutkan, Jokowi akan mengumumkannya Rabu besok, 28 April

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo disebukan akan mengumumkan dua menteri baru dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN). Rencananya, nama-nama itu akan diumumkan Jokowi, Rabu (28/4/2021) besok.

Menurut sumber IDN Times di Istana, Jokowi menunjuk Ketua Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Laksana Tri Handoko sebagai Kepala BRIN.

"Iya (Laksana Tri Handoko jadi Kepala BRIN)," kata sumber tersebut saat dikonfirmasi IDN Times, Selasa (27/4/2021).

Baca Juga: Kabarnya, Jokowi Umumkan Menteri Investasi dan Mendikbudristek Besok

1. Disebutkan Bahlil akan menjadi Menteri Investasi dan Nadiem menjadi Mendikbudristek

Jokowi Tunjuk Ketua LIPI Laksana Tri Handoko Jadi Kepala BRIN?Mendikbud Nadiem Anwar Makarim dalam acara kerjasama Kemendikbud dengan Netflix (Dok.IDN Times/Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)

Sebelumnya, sumber IDN Times tersebut mengatakan bahwa Presiden Jokowi akan mengumumkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) serta Menteri Investasi.

Dia juga menjelaskan bahwa Bahlil Lahadalia akan menjadi Menteri Investasi. Sementara, untuk Mendikbudristek kemungkinan besar masih akan dipimpin oleh Nadiem Makarim.

"Bahlil (Menteri) Investasi," kata sumber tersebut.

2. Hanya Jokowi yang tahu kapan reshuffle dilakukan

Jokowi Tunjuk Ketua LIPI Laksana Tri Handoko Jadi Kepala BRIN?Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (26/2/2020) (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Terkait kapan reshuffle kabinet akan dilakukan, Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman mengaku belum mengetahuinya. Sebab, kata dia, hanya Jokowi yang tahu hal itu.

"Dalam bahasa rakyat, hanya Presiden Joko Widodo dan Tuhan YME yang tahu, kapan, siapa yang akan menduduki jabatan menteri, setidaknya di dua kementerian baru tersebut. Atau dalam bahasa legal, reshuffle adalah hak prerogatif presiden," ujar Fadjroel.

Menurut Fadjroel, saat ini yang diketahui masyarakat hanyalah peleburan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), serta penambahan Kementerian Investasi. Namun, masih belum diketahui siapakah yang akan memimpin kedua kementerian itu.

"Adapun pembentukan kementerian baru yaitu Kementerian Investasi sesuai dengan Pasal 13 ayat 1 dan ayat 2 sebagai pertimbangannya seperti untuk efisiensi dan efektifitas, cakupan tugas dan proporsionalitas beban tugas, kesinambungan, keserasian, dan keterpaduan pelaksanaan tugas, serta perkembangan lingkungan global," jelas Fadjroel.

3. Jokowi akan lantik Mendikbudristek dan Menteri Investasi

Jokowi Tunjuk Ketua LIPI Laksana Tri Handoko Jadi Kepala BRIN?Presiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Sebelumnya, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin mengatakan, Presiden Joko "Jokowi" Widodo segera melantik dua menteri dalam waktu dekat. Dua posisi menteri itu adalah Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) serta Menteri Investasi.

"Presiden Insyaallah akan melantik menteri baru (1) Menteri DIKBUD/RISTEK (2) Menteri Investasi/Kepala BKPM. Adakah menteri-menteri lain yang akan dilantik, kapan dan siapa para beliau itu? Wallahu'alam bisshowaab itu hak prerogatif presiden dan kita tunggu saja," tulis Ngabalin dalam cuitan di Twitter-nya, @AliNgabalinNew.

Saat dihubungi IDN Times, Ngabalin tak memberitahu kapan Jokowi akan melantik menteri baru. Ia hanya mengatakan, pelantikan bisa dilakukan pekan ini atau pekan besok.

"Kalau tidak pekan ini, pekan besok, yang pasti tidak lama kalau Jokowi itu tidak lama-lama. Beliau itu kan orang tidak bisa membiarkan suatu urusan berlama-lama," ujar Ngabalin, Rabu (14/4/2021).

Baca Juga: Soal Reshuffle Kabinet, Istana: Biar Presiden Jokowi yang Umumkan 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya