Jokowi: Tunjukkan pada Dunia, Bali Destinasi Wisata yang Aman 

Jokowi sebut pengendalian COVID-19 jadi kunci utama

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo membuka secara virtual acara Pesta Kesenian ke-43 Bali pada Sabtu (12/6/2021). Dalam sambutannya, Jokowi menyebut Bali menjadi salah satu destinasi wisata yang aman dari COVID-19.

"Kita tunjukkan pada dunia bahwa Bali adalah destinasi wisata yang sangat aman untuk dikunjungi," kata Jokowi seperti yang disiarkan di channel YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (12/6/2021).

1. Penanganan pandemik COVID-19 jadi kunci utama pemulihan ekonomi Bali

Jokowi: Tunjukkan pada Dunia, Bali Destinasi Wisata yang Aman Presiden Jokowi beri sambutan di Pesta Kesenian Bali 2021

Selain itu, Jokowi menegaskan, kunci utama dari pemulihan ekonomi Bali adalah kemampuan dalam menangani pandemik COVID-19. Penerapan protokol kesehatan yang ketat, vaksinasi yang cepat dan masif, serta PPKM mikro berbasis banjar dan desa adat di Bali harus diefektifkan untuk mencegah penularan.

"Saya mengapresiasi upaya pemerintah daerah, para seniman dan seluruh masyarakat Bali yang mampu untuk terus berkarya, mengekspresikan seni, dan terus mengembangkan estetika dan tradisi adiluhung kebudayaan Bali dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan terukur," ujar Jokowi.

Baca Juga: Kebut Buka Pariwisata, Ini Hasil Sementara Vaksinasi Massal di Bali

2. Pandemik COVID-19 disebut Jokowi tak halangi kreativitas

Jokowi: Tunjukkan pada Dunia, Bali Destinasi Wisata yang Aman Ilustrasi PPKM mikro (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Pesta Kesenian ke-43 Bali melibatkan ribuan seniman dari berbagai komunitas dengan protokol kesehatan ketat dan terukur. Melalui acara ini, Jokowi mengatakan pandemik COVID-19 tidak menghalangi kreativitas.

"Penyelenggaraan Pesta Kesenian Bali ke-43 ini merupakan bukti bahwa dalam tekanan pandemik yang sangat berat, kreativitas dan produktivitas masyarakat Bali tetap tumbuh dan tampil dengan cara-cara baru untuk terus mewarnai panggung seni dunia," tutur Jokowi.

3. Jokowi apresiasi tema Pesta Kesenian Bali kali ini

Jokowi: Tunjukkan pada Dunia, Bali Destinasi Wisata yang Aman Presiden Jokowi beri sambutan di Pesta Kesenian Bali 2021

Dalam penyelenggaraan kali ini, Pesta Kesenian Bali mengangkat tema "Purna Jiwa: Prananing Wana Kerthi" yang berarti jiwa yang paripurna merupakan napas pohon kehidupan. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini sangat mengapresiasi pilihan tema yang tersebut.

"Saya juga mengapresiasi pilihan tema yang mengajak pemuliaan flora, fauna dan seluruh keragaman hayati, menebarkan semangat konservasi, serta hidup harmoni dengan alam untuk penyembuhan peradaban dari pandemik," kata Jokowi.

Lebih lanjutnya, kata dia, warisan-warisan susastra yang mengingatkan datangnya wabah dan mengajarkan cara untuk mencegah serta beradaptasi perlu dibuka kembali. Ia menilai hal tersebut juga perlu dikembangkan untuk diambil pelajaran dan kaitannya terhadap pandemik COVID-19 yang sedang terjadi saat ini.

Baca Juga: Jokowi: Jika COVID-19 Hilang, Pariwisata di Bali Dibuka Lagi

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya