Jokowi Umumkan Lokasi Ibu Kota Baru 16 Agustus 2019

Pengumuman dilakukan di Gedung MPR

Jakarta, IDN Times - Lokasi ibu kota baru masih misteri. Publik pun sudah tak sabar ingin segera mengetahui, di mana ibu kota negara akan pindah.

Rasa penasaran ini tampaknya akan segera terjawab. Pemerintah, dalam hal ini Presiden Joko "Jokowi" Widodo, akhirnya mengungkapkan segera mengumumkan lokasi ibu kota negara yang baru. Kapan akan diumumkan?

Baca Juga: Jadi Calon Ibu Kota Negara, Amankah Kalimantan dari Bencana?

1. Jokowi umumkan lokasi ibu kota baru 16 Agustus

Jokowi Umumkan Lokasi Ibu Kota Baru 16 Agustus 2019IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Dalam pertemuan dengan pemimpin redaksi media di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (14/8) ini, Jokowi mengatakan akan segera mengumumkan lokasi ibu kota yang baru.

Jokowi menuturkan, lokasi ibu kota baru akan diumumkan saat pidato kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR, 16 Agustus 2019.

2. Rapat terakhir tentang ibu kota, masih pada pematangan konsep

Jokowi Umumkan Lokasi Ibu Kota Baru 16 Agustus 2019IDN Times/Hana Adi Perdana

Terkait hal ini, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan, saat rapat terakhir tentang ibu kota baru memang masih ada beberapa hal yang perlu dimatangkan lagi. Ia pun berharap semoga pengumuman ibu kota baru bisa dilakukan sesuai waktu yang ditentukan.

"Sepertinya dalam rapat terakhir dengan tim, masih diberi tugas lagi untuk memberikan, menganalisa lebih dalam lagi. Apakah dalam tempo yang sangat singkat ini sesuai dengan harapan nanti, kita lihat," kata Moeldoko, Rabu.

3. Jokowi ingin ibu kota yang modern dan berstandar internasional

Jokowi Umumkan Lokasi Ibu Kota Baru 16 Agustus 2019IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sebelumnya, dalam rapat terbatas yang dilakukan di Istana, Jokowi sudah menyampaikan bahwa lokasi ibu kota akan dipindahkan ke Kalimantan. Namun, untuk detail lokasinya di mana, Jokowi belum memberitahu secara pasti. Yang jelas ada 5 lokasi di antara Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan, Jokowi memberikan arahan agar ibu kota yang baru memiliki standar internasional, agar nanti bisa menjadi rujukan kota-kota lain di Indonesia.

"Dan tentunya semua prinsip yang modern, prinsip yang bisa menjaga kelangsungan kota dan juga kehidupan kota yang lebih nyaman. Itu menjadi fokus dari desain ibu kota baru yang akan disampaikan," terang Bambang di kantor presiden, Jakarta Pusat, Selasa (6/8) lalu.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya