Comscore Tracker

Jokowi Undang Tokoh Papua ke Istana Pekan Depan

Jokowi akan berdialog tentang kesejahteraan masyarakat Papua

Bogor, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan mengundang para tokoh Papua ke Istana Negara untuk berdialog mengenai kerusuhan yang terjadi beberapa hari terakhir ini. Jokowi juga telah meminta Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menindak para pelaku diskriminasi ras dan etnis.

1. Jokowi akan membahas kesejahteraan di Papua

Jokowi Undang Tokoh Papua ke Istana Pekan DepanIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Jokowi mengatakan dalam pertemuan dengan para tokoh Papua nanti dirinya antara lain juga akan membahas soal percepatan kesejahteraan di Papua.

"Minggu depan saya juga akan mengundang para tokoh dari Papua dan Papua Barat, baik tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama ke Istana, bicara masalah percepatan kesejahteraan di tanah Papua," ucap Jokowi.

Baca Juga: Situasi Sudah Kondusif, Polri Tetap Perketat Keamanan di Papua

2. Jokowi minta Kapolri lakukan tindakan hukum

Jokowi Undang Tokoh Papua ke Istana Pekan DepanANTARA FOTO/Didik Suhartono

Jokowi juga menegaskan bahwa dirinya telah memerintahkan Kapolri agar menindak hukum para pelaku diskriminasi dan rasisme terhadap masyarakat Papua tersebut.

"Saya juga telah memerintahkan Kapolri untuk menindak secara hukum tindakan diskriminasi ras dan etnis yang rasialis secara tegas," lanjut Jokowi.

3. Jokowi bersyukur situasi sudah kembali normal

Jokowi Undang Tokoh Papua ke Istana Pekan DepanSetneg.go.id

Jokowi mengaku terus mengikuti perkembangan kerusuhan yang ada di Papua dan Papua Barat. Ia pun bersyukur lantaran situasi sudah kembali normal dan kondusif.

"Permintaan maaf sudah dilakukan, dan ini menunjukkan kebesaran hati kita bersama untuk saling menghormati, untuk saling menghargai sebagai saudara sebangsa dan setanah air," kata Jokowi.

Baca Juga: Panglima TNI Diperintah Jokowi untuk Tindak Tentara yang Rasial

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You