Jokowi Ungkap Alasan Turun Langsung Meninjau Palu dan Donggala

Jokowi mengungkap alasannya ke publik

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyampaikan alasannya turun langsung ke lokasi bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah. Hal itu ia sampaikan saat diwawancara dalam program NET TV, '30 Menit Bersama Presiden', yang dipandu oleh Rikha Indriaswari, Minggu (7/10) malam.

Jokowi mengatakan bahwa ia memang sengaja turun ke lapangan agar bisa melihat kondisi pascagempa dan tsunami secara langsung. Hingga saat ini, pemerintah pun masih akan fokus dalam evakuasi di Palu, Donggala, dan sekitarnya, sebelum masuk dalam tahap rekontruksi.

1. Ingin mengetahui kondisi Palu dan Donggala secara langsung, alasan Jokowi turun ke lokasi

Jokowi Ungkap Alasan Turun Langsung Meninjau Palu dan DonggalaTwitter/@setkabgoid

Kunjungan Jokowi ke lokasi gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah sudah yang kedua kalinya. Menurutnya ada alasan tersendiri kenapa dia memutuskan untuk turun langsung ke lapangan. Tidak lain yaitu agar dia bisa melihat langsung kondisi masyarakat dan daerah yang terkena dampak gempa dan tsunami.

"Saya ingin tahu secara detail apa yang ada di lapangan, kemudian keadaannya seperti apa, kondisi seperti apa, situasi seperti apa, sehingga bisa memutuskan, membuat kebijakan yang tepat," kata Jokowi.

Baca Juga: Pesan Jokowi kepada Humas BNPB Sutopo: Tetaplah Menginspirasi 

2. Sedikit demi sedikit pemerintah berusaha pulihkan Sulawesi Tengah

Jokowi Ungkap Alasan Turun Langsung Meninjau Palu dan DonggalaANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Selain menelan korban jiwa hingga ribuan orang, gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah juga membuat infrastruktur hancur. Beberapa di antaranya adalah bandara, jembatan, pompa bensin, hingga gardu listrik pun ikut rusak. Ditambah lagi daerah yang terkena dampak menjadi gelap gulita karena tidak adanya listrik.

"Hal-hal seperti ini yang masyarakat harus tahu. BBM kurang karena jalan menuju ke sana terhambat. Pelabuhan awal-awal tidak bisa dimasuki kapal. Dan sedikit demi sedikit bisa diperbaiki," terang Jokowi.

3. Rekontruksi dilakukan setelah evakuasi selesai

Jokowi Ungkap Alasan Turun Langsung Meninjau Palu dan DonggalaIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Saat ini, kata Jokowi, pemerintah akan fokus pada tahapan evakuasi korban dan mengutamakan perbaikan beberapa fasilitas penting terlebih dahulu. Seperti gardu listrik, toko-toko dan pasar-pasar yang harus kembali normal, serta penyaluran BBM agar bisa segera normal kembali.

"Sehingga keadaan normal, baru kita masuk ke rehabilitasi dan rekontruksi yg akan dikerjakan oleh pemerintah dan masyarakat," ujar Jokowi.

Baca Juga: Jurus Jokowi Pulihkan Palu-Donggala Pascagempa dan Tsunami

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya