Jokowi Ungkap Tren Wisata di Era New Normal, Solo Travel Jadi Favorit 

Masyarakat akan lebih pentingkan kesehatan dan keamanan

Jakarta, IDN Times - Sektor pariwisata paling terdampak pandemik virus corona atau COVID-19. Sebab pemerintah menutup tempat-tempat wisata untuk mencegah penularan virus corona. 

Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan, usai tatanan normal baru diterapkan, tren pariwisata akan ikut berubah. Masyarakat kemungkinan akan memilih tempat wisata yang tidak dipadati banyak orang. Solo travel hingga staycation akan menjadi favorit..

1. Jokowi: Tren wisata yang aman menjadi alternatif liburan baru

Jokowi Ungkap Tren Wisata di Era New Normal, Solo Travel Jadi Favorit Dok. Biro Pers Kepresidenan

Jokowi mengungkapkan, setelah wabah virus corona mereda dan kehidupan new normal dimulai, masyarakat akan lebih mempertimbangkan aspek keamanan dan kesehatan saat berwisata.

"Isu health, hygine, serta safety, security akan menjadi pertimbangan utama bagi wisatawan yang ingin melancong. Selain itu, preferensi liburan akan bergeser ke alternatif liburan yang tidak banyak orang seperti solo travel tour, wellness tour, termasuk juga di dalamnya virtual tourism dan staycation," kata Jokowi dalam rapat terbatas, Kamis (28/5).

2. Jokowi minta pelaku industri pariwisata mengantisipasi perubahan tren wisata

Jokowi Ungkap Tren Wisata di Era New Normal, Solo Travel Jadi Favorit Dok. Biro Pers Kepresidenan

Oleh karena itu, Jokowi meminta pelaku industri pariwisata untuk mengantisipasi dan melakukan perubahan tren. Pelaku industri pariwisata diminta dapat mencium akan ke arah mana dan seperti tren liburan masyarakat ke depan.

"Oleh sebab itu, sehabis pandemik ini kita harus melakukan inovasi, melakukan perbaikan-perbaikan, sehingga cepat beradaptasi dengan perubahan tren yang kemungkinan besar nanti akan terjadi di dunia pariwisata global," tutur Jokowi.

3. Jokowi minta data tempat wisata di daerah-daerah yang sudah aman dari COVID-19

Jokowi Ungkap Tren Wisata di Era New Normal, Solo Travel Jadi Favorit Dok. Biro Pers Kepresidenan

Jokowi juga menginstruksikan agar disiapkan strategi khusus dalam promosi pariwisata di era new normal. Menurutnya, tempat wisata harus diprioritaskan bagi wisatawan domestik terlebih dahulu.

"Untuk itu saya minta diidentifikasi daerah-daerah wisata, daerah tujuan destinasi wisata yang memiliki R0 di bawah satu, Rt di bawah 1, sehingga betul-betul secara bertahap kita bisa membuka sektor pariwisata tapi sekali lagi dengan pengendalian protokol yang ketat," ucapnya.

Baca Juga: 5 Wisata Edukasi di Indonesia Ini Tawarkan Wisata Virtual dari Rumah  

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya