Comscore Tracker

Jokowi: Untuk Memimpin Negara, Jangan Diberikan yang Masih Coba-coba

Jokowi sebut beruntung punya pengalaman di pemerintah

Jakarta, IDN Times - Calon presiden nomor urut 01, Joko "Jokowi" Widodo, menghadiri acara Deklarasi Dukungan 10.000 Pengusaha untuk Jokowi-Amin, di Istora Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (21/3).

Dalam acara deklarasi tersebut, Jokowi diberikan panggung untuk menyampaikan sambutannya. Pada kesempatan ini, Jokowi menyinggung bahwa untuk memimpin Indonesia tidak bisa coba-coba.

Baca Juga: Jokowi: Pembagian Sertifikat Tanah Dipercepat untuk Cegah Sengketa

1. Jokowi mengaku beruntung dapat pengalaman di pemerintahan dari jenjang bawah hingga atas

Jokowi: Untuk Memimpin Negara, Jangan Diberikan yang Masih Coba-cobaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Jokowi mengatakan, cukup beruntung melalui perjalanan hidupnya dari seorang pengusaha yang kemudian dipercaya memimpin Kota Solo. Pengalaman ini menjadi bekalnya untuk memimpin wilayah yang lebih luas.

"Kemudian naik ke jenjang tengah sebagai gubernur di DKI Jakarta dan juga jadi presiden yang sekarang menginjak 4,5 tahun. Pengalaman itu memberikan keuntungan kepada saya dalam mengelola, menahkodai kapal besar negara kita, Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Jokowi.

2. Jokowi singgung untuk menjadi presiden jangan coba-coba

Jokowi: Untuk Memimpin Negara, Jangan Diberikan yang Masih Coba-cobaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Lalu, ia menyampaikan, perlu waktu 2 tahun baginya untuk beradaptasi di pemerintahan daerah, mulai dari pengusaha menjadi wali kota. 

"Kalau saya gak miliki pengalaman sebagai wali kota, sebagai gubernur, naik ke presiden, ya mungkin gak tahu berapa tahun, wali kota saja saya belajar dua tahun apalagi presiden," ujar Jokowi.

"Artinya apa? Jangan diberikan yang masih coba-coba, gitu loh. Setuju gak? Itu yang saya maksud. Saya ngomong apa adanya," dia menambahkan.

3. Jokowi sebut butuh waktu 2 tahun untuk beradaptasi dari pengusaha jadi wali kota

Jokowi: Untuk Memimpin Negara, Jangan Diberikan yang Masih Coba-cobaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Lebih lanjut, Jokowi berbagi cerita pengalamannya yang membutuhkan waktu dua tahun untuk bisa beradaptasi dari pengusaha menjadi wali kota. Dia mengatakan, di negara sebesar Indonesia, harus lebih banyak pengalaman lagi untuk memimpin.

"Dari pengusaha masuk ke dunia pemerintahan, dunia politik berbeda total, Itu baru pada posisi di wali kota. Bayangkan yang namanya negara sebesar ini, yang di situ terdapat 514 kabupaten dan kota," jelasnya.

4. Deklarasi dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf dihadiri banyak pengusaha tenar

Jokowi: Untuk Memimpin Negara, Jangan Diberikan yang Masih Coba-cobaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Acara deklarasi dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf ini sendiri dihadiri oleh beberapa pengusaha tenar. 

Antara lain Erick Thohir, Bahlil Lahadalia, Sofjan Wanandi, Arifin Panigoro, Boy Thohir, Bobby Gafur Umar, Rosan Roeslani, Ali Markus, Anindya Bakrie, Haryadi Sukamdani, dan Sinta Kamdani.

Baca Juga: Survei Indo Barometer: Jika Pilpres Hari Ini, Jokowi Diprediksi Menang

Topic:

  • Sunariyah

Just For You