Jokowi: Vaksin COVID-19 Bentuk Perlindungan Pers

Jokowi harap semua insan pers Tanah Air dapat vaksinasi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meninjau langsung proses vaksinasi perdana bagi 5.000 wartawan di Hall A Basket Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Kamis (25/2/2021). Menurut pantauan di channel YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi tiba di GBK sejak pukul 09.15 WIB.

Peninjauan Jokowi hari ini ditemani juga oleh Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate, dan Ketua Dewan Pers, Muhammad Nuh.

1. Jokowi sebut vaksinasi bisa melindungi wartawan yang sering ke lapangan

Jokowi: Vaksin COVID-19 Bentuk Perlindungan PersPeninjauan Vaksinasi Pekerja Media dan Wartawan di Hall Basket Senayan pada Kamis (25/2/2021) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Usai melakukan peninjauan, Jokowi mengatakan proses vaksinasi hari ini sesuai dengan janjinya yang akan memberikan vaksin kepada 5.000 wartawan saat Hari Pers Nasional. Menurut dia, insan pers harus jadi prioritas demi memberi perlindungan ketika mereka meliput di lapangan.

"Kami harapkan ini memberikan perlindungan kepada awak media, terutama yang berada di lapangan, karena sering berinteraksi dengan publik, narasumber," kata Jokowi seperti yang disiarkan di channel YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (25/2/2021).

Baca Juga: Jokowi Akan Tinjau Vaksinasi COVID-19 Perdana Wartawan

2. Jokowi harap seluruh insan pers Tanah Air terima vaksin

Jokowi: Vaksin COVID-19 Bentuk Perlindungan PersPeninjauan Vaksinasi Pekerja Media dan Wartawan di Hall Basket Senayan pada Kamis (25/2/2021) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Saat meninjau proses vaksinasi kepada wartawan, Jokowi senang karena semuanya berjalan lancar. Dia berharap proses vaksinasi ini tidak hanya berjalan di DKI Jakarta, melainkan wilayah-wilayah lainnya juga.

"Kami berharap ini juga bisa berjalan di provinsi-provinsi yang lain. Sehingga seluruh insan pers yang berada di Tanah Air segera mendapat vaksin," ucap Jokowi.

3. Proses vaksinasi pada wartawan dibagi jadi tiga sesi

Jokowi: Vaksin COVID-19 Bentuk Perlindungan PersPresiden Jokowi pimpin rapat terbatas di Istana Merdeka pada Senin (19/10/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Berdasarkan surat undangan Dewan Pers, kegiatan vaksinasi berlangsung selama tiga hari, sejak 25 sampai 27 Februari 2021. Sesuai janji Presiden Jokowi, vaksin akan diberikan kepada 5.000 wartawan dari berbagai media.

Proses vaksinasi kepada wartawan ini akan dibagi menjadi tiga sesi dalam sehari. Sesi pertama dimulai pukul 08.00-10.00 WIB, dilanjut pukul 10.00-12.00 WIB, dan berakhir pada 13.00-16.00 WIB.

Peserta vaksinasi juga diminta membawa KTP dan salinannya, dan harus datang sesuai jadwal yang telah ditentukan. Jika hadir di luar jam yang ditentukan, peserta tidak diperbolehkan masuk area vaksinasi.

Selain itu, para wartawan yang ikut vaksinasi harus hadir paling lambat 60 menit sebelum sesi yang telah dijadwalkan. Peserta juga diwajibkan untuk selalu menjaga protokol kesehatan COVID-19.

Baca Juga: Jokowi Gratiskan Vaksin COVID-19, BI Bantu Danai Pengadaan Vaksin

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya