Jokowi: Vaksinasi COVID-19 Dilakukan Pertengahan Januari 2021

Jokowi optimistis Indonesia bisa segera pulih

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyampaikan pemerintah akan terus berjuang untuk mengatasi pandemik COVID-19. Salah satu langkah yang diambil pemerintah yaitu melakukan vaksinasi.

Jokowi memastikan, program vaksinasi akan dimulai pada pertengahan Januari 2021.

"Vaksinasi juga akan segera dilakukan di pertengahan Januari 2021 ini untuk mencapai herd immunity kekebalan komunal, sehingga penyebaran COVID-19 bisa kita hentikan," ucap Jokowi seperti yang disiarkan di channel YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (31/12/2020).

1. Syarat Indonesia bisa pulih kembali adalah berhasil atasi COVID-19

Jokowi: Vaksinasi COVID-19 Dilakukan Pertengahan Januari 2021Presiden Jokowi hadiri KTT ke-37 ASEAN pada Kamis (12/11/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi mengatakan Indonesia bisa segera pulih di 2021. Namun, ada satu syarat yang harus dipenuhi agar segera pulih dari krisis yang melanda selama hampir setahun ini, yaitu mampu mengatasi pandemik virus corona.

"Ada satu syarat terpenting yang harus kita kerjakan untuk mencapai pemulihan ini. Kita harus berhasil mengatasi pandemik COVID. kita harus mampu menghentikan wabah ini dengan segera. Memang sesuatu yang tidak mudah," kata Jokowi.

Baca Juga: Kebijakan-kebijakan Kontroversial Presiden Jokowi Sepanjang 2020 

2. Jokowi sebut ekonomi Indonesia bisa perlahan pulih di 2021

Jokowi: Vaksinasi COVID-19 Dilakukan Pertengahan Januari 2021Presiden Jokowi pimpin rapat terbatas di Istana Merdeka pada Senin (19/10/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Selain itu, pria kelahiran Solo ini juga yakin bahwa di 2021 perekonomian Indonesia bisa pulih kembali. Ia menyebut investasi sudah perlahan kembali masuk ke Tanah Air.

"Pemulihan perekonomian setahap demi setahap telah membaik, mulai terasa di Kuartal ketiga dan keempat tahun 2020 ini. Investasi baru mulai muncul yang akan menggerakkan ekonomi masyarakat dan industri masa depan, sehingga peluang kerja akan meningkat dan kesejahteraan masyarakat akan lebih baik," tuturnya.

3. Tahun 2020 menjadi tahun dengan ujian yang berat

Jokowi: Vaksinasi COVID-19 Dilakukan Pertengahan Januari 2021Seorang warga yang tidak mengenakan masker melintas, di depan mural yang berisi pesan waspada penyebaran virus corona (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengatakan bahwa 2020 menjadi tahun terberat. Ujian yang berat di 2020 yang dimaksud Jokowi yaitu dunia sedang menghadapi pandemik COVID-19. Jokowi menyampaikan, pandemik virus corona yang melanda dunia ini telah mengakibatkan krisis kesehatan dan ekono

"Sebentar lagi kita akan meninggalkan tahun 2020. Kita semua mencatat tahun 2020 sebagai tahun ujian yang amat berat," ujar Jokowi.

"Total kasus positif COVID-19 dunia sudah mencapai 82 juta orang, dengan kematian 1,8 juta orang," ucapnya lagi.

Baca Juga: Jokowi: Indonesia Baru Bisa Pulih Kalau Bisa Atasi COVID-19

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya