Jurus Menggaet Suara Millennials, 4 Politikus Muda Ini Buka Kartu 

Suara millennials jadi rebutan

Jakarta, IDN Times - Pemilihan legislatif akan digelar pada 2019 mendatang. Salah satu lumbung suara yang banyak diperebutkan adalah suara millennials. 
Saiful Mujani Research Consulting (SMRC) pernah menghitung suara millennials pada Pemilu 2019 diperkirakan mencapai 34,4 persen. 

Tak mengejutkan jika millennials kemudian menjadi target para calon legislator. 
Lalu bagaimana para calon legislator ini merebut hati millennials yang konon tidak menyukai politik? 

Yuk simak jawaban Tsamara Amany (PSI), Rahayu Saraswati (Gerindra), Tommy Kurniawan (PKB), dan Faldo Maldini (PAN). Empat politikus muda ini blak-blakan dalam peluncuran Millennials Memilih yang digelar di Kantor IDN Media, Selasa (31/10) malam. 

1. Tsamara Amany

Jurus Menggaet Suara Millennials, 4 Politikus Muda Ini Buka Kartu IDN Times/Gregorius Aryo Damar

Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini mengatakan cara mendekati millennials salah satunya dengan memahami keinginan sekaligus berbaur dengan mereka. 

"Mendekati millennials itu dari hal kecil yang sering kita lupakan, yaitu dengan ngobrol. Kita sering sok tahu tentang millennials tapi jarang mendengarkan mereka," kata Tsamara. 

Tsamara mengatakan, dengan mendengarkan suara millennials, maka calon wakil rakyat akan bisa memahami keinginan mereka. "Mereka ingin ada yang bisa menyuarakan mereka," katanya. 

Baca Juga: Rahayu Saraswati, Keponakan Prabowo Ini Sempat Alergi Terhadap Politik

2. Rahayu Saraswati

Jurus Menggaet Suara Millennials, 4 Politikus Muda Ini Buka Kartu IDN Times/Gregorius Aryo Damar

Sementara politikus Gerindra Rahayu Saraswati mengatakan merebut hati millennials berarti harus memahami apa yang mereka butuhkan. Untuk itu, kata Rahayu, dirinya membuat program talkshow. "(Bukan) Untuk kubu Si A dan Si B, tapi untuk mencari kebenaran dan mengetahui kebutuhan anak muda," katanya. 

3. Tommy Kurniawan

Jurus Menggaet Suara Millennials, 4 Politikus Muda Ini Buka Kartu IDN Times/Panji Galih

Adapun politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Tommy Kurniawan punya strategi khusus untuk menggaet suara millennials, yaitu jurus karambol. 

"Kalau masuk ke pemilih millennials, kita harus kreatif, harus memakai teknik karambol, gak bisa langsung lurus, harus tektok dulu untuk memasukkan sesuatu," katanya. 

Karambol adalah permainan memasukkan koin ke dalam empat lobang. Untuk memasukkan koin, seringkali harus membenturkan koin lain ke dinding papan. 

4. Faldo Maldini

Jurus Menggaet Suara Millennials, 4 Politikus Muda Ini Buka Kartu IDN Times/Gregorius Aryo Damar

Lain lagi dengan politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini. Faldo mengatakan dirinya telah melakukan riset terhadap millennials. Hasilnya, millennials tidak suka yang ribet-ribet. Mereka ternyata juga gak terlalu suka dengan sosok yang famous. "Circle mereka gak luas, mereka lebih suka tokoh yang mengusung isu spesifik," katanya.

Baca Juga: 5 Hal Mengenai Tsamara Amany, Politisi Muda Panutan Kaum Millennials

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya