Comscore Tracker

Kabarnya, Jokowi Umumkan Menteri Investasi dan Mendikbudristek Besok

Bahlil disebut akan jadi Menteri Investasi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo dikabarkan akan mengumumkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan/Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) dan Menteri Investasi. Menurut sumber IDN Times di lingkar Istana, Jokowi akan mengumumkan kedua pimpinan kementerian itu pada besok, Rabu (28/4/2021).

Sumber IDN Times juga menjelaskan bahwa Bahlil Lahadalia akan menjadi Menteri Investasi. Sementara, untuk Mendikbudristek kemungkinan besar masih akan dipimpin oleh Nadiem Makarim.

"Bahlil (Menteri) Investasi," kata sumber IDN Times, Selasa (27/4/2021).

Baca Juga: Diisukan Jadi Menteri Investasi, Bahlil: Pembantu Harus Tau Diri

1. Istana: Soal reshuffle, biarkan Presiden Jokowi yang mengumumkan

Kabarnya, Jokowi Umumkan Menteri Investasi dan Mendikbudristek BesokIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Terkait soal reshuffle, Juru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman, sebelumnya mengatakan bahwa hingga saat ini belum ada pernyataan dari Jokowi soal reshuffle. Kendati demikian, ia meminta masyarakat menunggu pengumuman resmi langsung dari Jokowi.

"Apabila reshuffle memang diperlukan, maka presiden sendiri yang akan mengumumkan dan menyampaikan kepada publik seperti reshuffle 22 Desember 2020 di Beranda Istana Merdeka," kata Fadjroel dalam keterangan tertulisnya, Selasa (27/4/2021).

Terkait kapan reshuffle kabinet akan dilakukan, Fadjroel mengaku belum mengetahuinya. Sebab, kata dia, hanya Jokowi yang tahu hal itu.

"Dalam bahasa rakyat, hanya Presiden Joko Widodo dan Tuhan YME yang tahu, kapan, siapa yang akan menduduki jabatan menteri, setidaknya di dua kementerian baru tersebut. Atau dalam bahasa legal, reshuffle adalah hak prerogatif presiden," ujar Fadjroel.

2. Jokowi akan lantik Mendikbudristek dan Menteri Investasi

Kabarnya, Jokowi Umumkan Menteri Investasi dan Mendikbudristek BesokPresiden Joko "Jokowi" Widodo (Dok. Biro Pers Sekretariat Negara)

Sebelumnya, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin mengatakan Presiden Joko "Jokowi" Widodo segera melantik dua menteri dalam waktu dekat. Dua posisi menteri itu adalah Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) serta Menteri Investasi.

"Presiden Insya Allah akan melantik menteri baru (1) Menteri DIKBUD/RISTEK (2) Menteri Investasi/Kepala BKPM. Adakah menteri-menteri lain yang akan dilantik, kapan dan siapa para beliau itu? Wallahu'alam bisshowaab itu hak prerogatif presiden dan kita tunggu saja," tulis Ngabalin dalam cuitan di Twitter-nya, @AliNgabalinNew.

Saat dihubungi IDN Times, Ngabalin tak memberitahu kapan Jokowi akan melantik menteri baru. Ia hanya mengatakan, pelantikan bisa dilakukan pekan ini atau pekan besok.

"Kalau tidak pekan ini, pekan besok, yang pasti tidak lama kalau Jokowi itu tidak lama-lama. Beliau itu kan orang tidak bisa membiarkan suatu urusan berlama-lama," ujar Ngabalin, Rabu (14/4/2021).

Baca Juga: Keinginan Jokowi Bentuk Kementerian Investasi Tercapai, Ini Alasannya

3. DPR setujui pembentukan Kementerian Investasi dan peleburan Kemendikbudristek

Kabarnya, Jokowi Umumkan Menteri Investasi dan Mendikbudristek BesokANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Sebagaimana diketahui, Rapat Paripurna DPR RI menyetujui pembentukan Kementerian Investasi. Kementerian ini diharapkan bisa meningkatkan investasi dan penciptaan lapangan pekerjaan.

Keputusan itu menyetujui Surat Presiden Nomor R-14/Pres/03/2021 perihal Pertimbangan Pengubahan Kementerian yang sebelumnya telah dibahas dalam Rapat Konsultasi Pengganti Badan Musyawarah (Bamus) DPR pada 8 April 2021.

"Kami akan menanyakan apakah hasil keputusan Rapat Pengganti Bamus terhadap Surat Presiden terkait pertimbangan dan pembentukan kementerian dapat disetujui," kata Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad dalam Rapat Paripurna DPR RI, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (9/4/2021) dilansir dari ANTARA.

Selain pembentukan Kementerian Investasi, seluruh anggota DPR yang hadir dalam Rapat Paripurna DPR tersebut juga menyetujui penggabungan sebagian tugas dan fungsi Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Nantinya, nama Kemendikbud akan diubah menjadi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Riset Teknologi.

Baca Juga: Demi Bikin Kementerian Investasi, Jokowi 'Korbankan' Kemenristek BRIN?

Topic:

  • Anata Siregar
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya