Kader Diduga Lakukan Penganiayaan, Ini Jawaban PDIP

PDIP masih menunggu perkembangan kasus ini

Jakarta, IDN Times - Anggota Komisi Hukum DPR dari Fraksi PDI Perjuangan HH dilaporkan oleh seorang warga bernama Ronny Yuliarto ke Polres Metro Jakarta Selatan atas tuduhan pengeroyokan dan penganiayaan. HH dilaporkan dengan tuduhan penganiayaan kepada Ronny Yuliarto dan istrinya. Pengaiayaan terjadi di depan kedua anak Ronny yang berusia 7 dan 10 tahun.

Salah satu kadernya terjerat dugaan kasus penganiayaan, Ketua DPP Hendrawan Supratikno mengatakan jika fraksi PDIP belum memutuskan tindakan apa yang akan dilakukan terhadap HH.

1. Fraksi PDIP belum mengambil langkah 

Kader Diduga Lakukan Penganiayaan, Ini Jawaban PDIP  IDN Times/Sukma Shakti

Hendrawan mengatakan jika Fraksi PDIP saat ini sedang menunggu informasi selanjutnya terkait dugaan kasus penganiayaan yang melibatkan HH. Dan sampai saat ini belum ada keputusan apapun dari Fraksi PDIP.

"Kami juga sedang menunggu info lanjutan. Ini masih di Jawa Tengah. Belum ada update dari fraksi," kata Hendrawan kepada IDN Times, Kamis (21/6).

2. PDIP diminta kasus ini diusut sampai tuntas  

Kader Diduga Lakukan Penganiayaan, Ini Jawaban PDIP  IDN Times/Sukma Shakti

Sementara, Mantan Politisi PDIP Erros Djarot mengungkapkan kekecewaannya tentang kabar salah satu kader PDIP yang terjerat dugaan kasus penganiayaan. Ia pun meminta PDIP untuk mengusut secara tuntas kasus dari HH Heri tersebut.

"Sebagai salah satu pendiri PDIP sungguh saya merasa malu! Para penumpang di partainya wong ciliklah yang akan melakukan hal ini. Bukan kader-kader yang saya kenal dan ketahui. Kelakuan ini tak ada hubungannya dengan PDIP karena sepenuhnya kelakuan pribadi oknum," kata Erros di dalam keterangan tertulisnya, Kamis (21/6).

3. Erros minta ada hukuman setimpal jika memang bersalah 

Kader Diduga Lakukan Penganiayaan, Ini Jawaban PDIP  IDN Times/Sukma Shakti

Erros juga meminta kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto untuk memberikan sanksi yang setimpal, apabila HH terbukti melakukan penganiayaan.

"Kepada Ketua Umum dan Sekjen PDIP saya harap memberikan sanksi yang setimpal. Jangan karena yang bersangkutan sering berurusan dengan hankam (pertahanan dan keamanan) kalian bungkam!" ujar Erros.

4. Merasa namanya dicemari, HH akan laporkan balik 

Kader Diduga Lakukan Penganiayaan, Ini Jawaban PDIP  IDN Times/Sukma Shakti

Kuasa hukum HH, Petrus Selestinus, membantah jika kliennya disebut telah melakukan pemukulan di busway. Ia juga menyebut Ronny Yuliarto telah melakukan pencemaran nama baik.

"Jelas merupakan pembunuhan karakter, politis dan tendensius, terlebih-lebih tanpa konfirmasi dan cek and ricek," kata Petrus dalam keterangan tertulis. Petrus mengatakan pihaknya akan melaporkan balik Ronny atas tuduhan pencemaran nama baik. "Melaporkan Sdr. Ronny Kosasih Yuliarto yang telah memfitnah," kata Petrus lagi.

Baca Juga: Anggota DPR Diduga Lakukan Penganiayaan, Ini Kronologisnya

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya