Kasus COVID-19 di Kudus Naik, Moeldoko: Jangan Terjadi di Daerah Lain

Moeldoko minta PPKM mikro di Kudus diperkuat

Jakarta, IDN Times - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyoroti lonjakan kasus COVID-19 yang terjadi di Kudus, Jawa Tengah. Menurut Moeldoko, lonjakan kasus yang ada di Kudus harus menjadi pembelajaran bagi daerah-daerah lain agar tidak mengalami hal serupa.

“Kita tidak boleh abai. Jangan sampai terjadi di daerah lain, kita harus tetap disiplin protokol kesehatan,” kata Moeldoko dalam keterangan tertulis Kantor Staf Presiden, Jumat (4/6/2021).

1. Jokowi perintahkan menteri, Satgas dan Gubernur Jateng untuk antisipasi kondisi di Kudus

Kasus COVID-19 di Kudus Naik, Moeldoko: Jangan Terjadi di Daerah LainPresiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (26/2/2020) (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Mengenai perkembangan kasus COVID-19 di Kudus, kata Moeldoko, pemerintah akan bergerak sigap mengatasinya. Dia melanjutkan, Presiden Jokowi sendiri telah memerintahkan seluruh menteri, Satgas Penanganan COVID-19 dan Gubernur Jawa Tengah untuk mengantisipasi kondisi di Kudus yang mulai kewalahan menampung pasien.

Kantor Staf Presiden (KSP), tambah Moeldoko, tetap melakukan monitoring atas perkembangan pandemik COVID-19 di seluruh daerah paska libur Lebaran, serta maraknya kerumunan di tempat wisata. Termasuk juga munculnya kerumunan di banyak hajatan. Dari hasil monitoring tersebut, tutur Moeldoko, ditemukan fenomena bagaimana masyarakat tidak cukup disiplin menjaga protokol kesehatan.

“Sekali lagi, kita harus belajar apa yang terjadi di Kudus untuk tetap disiplin menjaga protokol kesehatan. Apa yang terjadi di Kudus bisa terjadi di banyak tempat di Indonesia jika masyarakat tidak disiplin menjaga protokol kesehatan, tetap 3 T dan 3 M,” ujar Moeldoko.

Baca Juga: Satgas: Kasus COVID-19 di Kudus Naik 30 Kali Lipat

2. Moeldoko minta PPKM mikro di Kudus diperkuat

Kasus COVID-19 di Kudus Naik, Moeldoko: Jangan Terjadi di Daerah LainKepala Staf Kepresidenan Moeldoko (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Selain itu, mantan Panglima TNI ini juga menegaskan pentingnya penguatan kembali Pemberlakuan Pembatasan kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di Kudus, terutama di perbatasan wilayah untuk membendung pergerakan.

Moeldoko juga meminta agar seluruh tokoh masyarakat, juga tokoh agama yang ada di Kudus untuk membantu mengampanyekan disiplin protokol kesehatan demi mengendalikan kondisi.

"Terutama menghindari kerumunan, menunda dulu tradisi ziarah keagamaan. Tanpa mengurangi rasa hormat kita pada tradisi, tunda dulu demi menyelamatkan keluarga kita,” ujarnya.

3. Moeldoko minta masyarakat disiplin protokol kesehatan

Kasus COVID-19 di Kudus Naik, Moeldoko: Jangan Terjadi di Daerah LainIlustrasi PPKM mikro (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Moeldoko juga mengingatkan, upaya mengendalikan COVID-19 akan berhasil jika pemerintah pusat, daerah, media dan masyarakat bersama-sama menjaga disiplin protokol kesehatan, dan menghindari kerumunan.

“Semaksimal mungkin dilakukan masif di wilayah yang dikenal zona merah seperti Kudus,” tambah Moeldoko.

Baca Juga: Pemerintah Didesak Gerak Cepat Atasi Lonjakan Kasus COVID-19 di Kudus 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya