Comscore Tracker

Kasus Isoman Meninggal Naik, Wagub DKI Perkuat Koordinasi RT-Puskesmas

Riza minta RT/RW terus berkoordinasi

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan ada peningkatan jumlah kematian pasien COVID-19 saat isolasi mandiri di wilayahnya. Oleh karena itu, ia meminta jajaran RT/RW untuk meningkatkan komunikasi guna mengantisipasi kematian pasien saat isolasi mandiri.

"Ada peningkatan memang jumlah yang meninggal saat isoman, untuk itu sudah ditangani, dikoordinasikan dengan RT, RW, Lurah dan Puskemas setempat, bahkan setiap rumah diberi tanda," kata Riza di Jakarta Selatan, Sabtu (24/7/2021).

1. Riza minta warga yang menjalani isoman lapor

Kasus Isoman Meninggal Naik, Wagub DKI Perkuat Koordinasi RT-PuskesmasWarga berjaga di salah satu jalan akses menuju kawasan RW 04 Kampung Sambongpari, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (21/6/2021). ANTARA FOTO/Adeng Bustomi.

Riza juga menambahkan, Pemprov DKI Jakarta sudah menyampaikan kepada RT/RW agar setiap rumah warga menjalani isolasi mandiri untuk diberi tanda. Ia juga meminta masyarakat yang menjalani isolasi mandiri untuk melapor kepada RT/RW.

"Kami minta yang isoman di rumah khususnya untuk segara melaporkan. Dan keluarga yang ada keluarganya yang isoman tolong diperhatikan," tutur Riza.

"Harus ada koordinasi terus, terus komunikasi. Jadi tingkatkan komunikasi antara keluarga, pasien yang isoman dengan petugas, agar kita bisa membantu semaksimal mungkin," lanjut dia.

Baca Juga: 107 Warga Positif COVID-19 di Jakarta Pusat Meninggal Saat Isoman

2. Sebanyak 107 pasien COVID-19 yang isoman di Jakarta Pusat meninggal dunia

Kasus Isoman Meninggal Naik, Wagub DKI Perkuat Koordinasi RT-PuskesmasPetugas memakamkan jenazah dengan protokol COVID-19 di TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Senin (21/6/2021). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat.

Sebagai informasi, Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma mengatakan setidaknya 107 orang positif COVID-19 di Jakarta Pusat meninggal dunia saat melakukan isolasi mandiri. Dia menyebut rata-rata pasien meninggal berusia lanjut.

"Berdasarkan data terakhir itu, ada 107 warga Jakarta Pusat meninggal saat isoman. Rata-rata yang meninggal itu umumnya lansia (lanjut usia)," kata Dhany usai meninjau kegiatan vaksinasi di Johar Baru, Jakarta Pusat, Sabtu (24/7/2021) dikutip dari ANTARA.

Dhany menjelaskan, berdasarkan data terakhir, ada 107 permintaan pemulasaraan jenazah dengan protokol kesehatan.

Dia pun mengimbau agar warga dapat mengantisipasi dengan menyampaikan informasi secara terbuka. Ketika menjalani isolasi, warga harus melaporkan kondisinya ke RT maupun RW setempat.

"Misalnya dalam lingkungan itu ada yang kena, ya laporkan ke posko. Nanti (petugas) posko itu akan mendatangi untuk mengecek, memantau kesehatannya, kemudian melakukan PCR, setelah itu bisa dilacak," ucapnya.

3. LaporCovid-19 ungkap ada 1.214 kasus kematiaan di DKI Jakarta saat isolasi mandiri

Kasus Isoman Meninggal Naik, Wagub DKI Perkuat Koordinasi RT-PuskesmasPetugas tenaga kesehatan mengangkut jenazah dengan menggunakan protokol COVID-19 ke ambulans di kawasan permukiman dago Bandung, Jawa Barat, Senin (14/6/2021). ANTARA FOTO/Novrian Arbi.

Sebelumnya, koalisi warga LaporCovid-19 menyebutkan hingga Jumat (23/7/2021), terdapat 1.214 kasus kematian di DKI Jakarta saat isolasi mandiri. Sedangkan, secara nasional, ada 2.452 kasus kematian isolasi mandiri dan di luar rumah sakit yang terjadi di Indonesia.

Data Analisis Lapor Covid-19, Said Fariz Hibban, menjelaskan DKI Jakarta menjadi provinsi dengan penyumbang kasus kematian isolasi terbanyak. Kemudian disusul Jawa Barat dengan 683 kasus dan Yogyakarta 250 kasus.

"Setelah kami temukan (untuk kasus kematian pasien saat isoman dan di luar RS) provinsi terbanyak yaitu DKI Jakarta, bukan Jawa Barat lagi," ujarnya saat konferensi pers virtual, Kamis (22/7/2021).

Baca Juga: LaporCovid-19: Ada 1.214 Pasien Isoman di DKI Meninggal 

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya