Kata Istana Soal Isu Reshuffle Setelah PAN Gabung Koalisi Pemerintah

Apakah Jokowi akan lakukan reshuffle kabinet lagi?

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menggelar pertemuan dengan para ketua umum (ketum) partai politik koalisi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (25/8/2021). Dalam pertemuan itu, Partai Amanat Nasional (PAN) menjadi wajah baru dalam koalisi.

Usai bergabungnya PAN dalam koalisi pemerintah, isu reshuffle kabinet bergulir. Bahkan, Presiden Jokowi dikabarkan akan melakukan reshuffle kabinet pada September ini. Lalu, bagaimana tanggapan Istana terkait isu reshuffle kabinet?

1. Jokowi disebut tengah fokus pada penanganan pandemik

Kata Istana Soal Isu Reshuffle Setelah PAN Gabung Koalisi PemerintahPresiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Juru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman, mengatakan hal itu menjadi urusan presiden sepenuhnya. Dia menegaskan, hingga saat ini Presiden Jokowi masih fokus pada penanganan COVID-19.

"Reshuffle adalah hak prerogatif presiden. Hingga saat ini presiden dan seluruh menteri Kabinet Indonesia Maju fokus menghadapi pandemik COVID-19 di tiga level, kesehatan, perlindungan sosial, dan pemulihan ekonomi, khususnya UMKM," kata Fadjroel saat dihubungi IDN Times, Jumat (27/8/2021).

Baca Juga: PAN Akhirnya Gabung Lagi ke Pemerintah, Bakal Dapat Kursi Menteri?

2. PAN kini bergabung dalam koalisi pemerintah

Kata Istana Soal Isu Reshuffle Setelah PAN Gabung Koalisi PemerintahPresiden Jokowi bertemu ketum partai politik di Istana Negara, Jakarta Pusat (Dok.PDIP)

Pertemuan di Istana itu dihadiri tujuh ketua umum dan sekjen partai politik. Di antaranya, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri didampingi Sekjen Hasto Kristiyanto, Ketum NasDem Surya Paloh didampingi Sekjen Johnny Plate, Ketum Golkar Airlangga Hartarto didampingi Sekjen Lodewijk Paulus, Ketum PKB Muhaimin Iskandar didampingi Sekjen Hasanuddin Wahid.

Hadir juga Ketum Gerindra Prabowo Subianto didampingi Ahmad Muzani dan Ketum PPP Suharso Monoarfa didampingi Sekjen Arwani Thomafi.

Ada wajah baru dari kumpulan partai koalisi dalam pertemuan tersebut, yakni PAN. Ketum PAN Zulkifli Hasan didampingi Sekjen Eddy Soeparno tampak ikut serta dalam pertemuan yang diadakan Jokowi tersebut.

Baca Juga: PAN Gabung Partai Koalisi Jokowi, Petinggi PSI: Jangan Main Dua Kaki

3. Sekjen NasDem bantah pertemuan Jokowi dengan ketum parpol membahas reshuffle

Kata Istana Soal Isu Reshuffle Setelah PAN Gabung Koalisi PemerintahPresiden Jokowi bertemu ketum partai politik di Istana Negara, Jakarta Pusat (Dok.PDIP)

Sekjen NasDem, Johnny G Plate, menegaskan pertemuan Presiden Jokowi dengan para ketua umum partai politik koalisi di Istana Negara tidak membahas soal isu reshuffle kabinet. Meski, ada PAN dalam pertemuan tersebut.

Namun, menurut Johnny, isu yang dibahas dalam pertemuan hanya soal perkembangan COVID-19 hingga rencana pembangunan ibu kota baru.

"Topiknya bukan topik reshuffle kabinet, topiknya bukan pembahasan pelebaran koalisi atau tambahan anggota baru dalam koalisi," kata Johnny dalam dalam keterangan pers yang disiarkan di kanal YouTube KOMPASTV, Rabu (25/8/2021) malam.

Baca Juga: PAN Merapat ke Koalisi Jokowi, Pengamat: Tanda Ada Reshuffle Kabinet

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya