Kelakar Santri pada Jokowi: Nama Saya Luhut Pak, Tapi Bukan Menteri

Guyon santri buat Jokowi tertawa, ada yang ungkap rahasianya

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo melakukan dialog bersama beberapa pondok pesantren dari berbagai daerah melalui konferensi video. Salah satu pondok pesantren yang berdialog dengan Jokowi adalah Pondok Pesantren Sabilul Mukminin di Binjai, Sumatra Utara.

Dialog dengan pondok pesantren itu dilakukan saat Jokowi meninjau vaksinasi bagi para pelajar dan santri di Cirebon, Jawa Barat, Selasa (31/8/2021). Lalu, seperti apa dialog antar Jokowi dan santri yang penuh tawa itu?

Baca Juga: 5 Gaya Kasual Jokowi saat Tinjau Vaksinasi Pintu ke Pintu di Cirebon

1. Kelakar seorang santri bernama Luhut membuat Jokowi tertawa

Kelakar Santri pada Jokowi: Nama Saya Luhut Pak, Tapi Bukan MenteriPresiden Jokowi berdialog bersama santri saat acara Vaksinasi Massal untuk Santri. (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Awalnya, kiai di Pesantren Sabilul Mukminin memperkenalkan para santrinya kepada Jokowi. Kemudian, ia mengatakan, salah satu santrinya ada yang ingin menyapa orang nomor satu di Indonesia itu.

Setelah diberi kesempatan oleh Jokowi, seorang santri pun menyapa Presiden.

“Perkenalkan nama saya Luhut, asal dari Tapanuli. Walaupun sama Tapanuli, saya Luhut santri Pak, bukan Luhut menteri,” kata Luhut pada Jokowi.

Sontak saja pernyataan Luhut tersebut membuat Presiden tertawa. Suara tawa Jokowi terdengar jelas melihat kelakar sang santri.

“Terima kasih Pak Presiden, saya dan teman-teman saya alhamdulillah sudah divaksin,” tambah Luhut.

2. Kepada Jokowi Luhut ungkapkan rahasia ingin jadi menteri

Kelakar Santri pada Jokowi: Nama Saya Luhut Pak, Tapi Bukan MenteriPresiden Jokowi berdialog bersama santri saat acara Vaksinasi Massal untuk Santri. (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Setelah bercanda soal namanya Luhut santri dan bukan menteri, Luhut kembali melanjutkan dialog dengan Jokowi. Kali ini dia mengatakan punya rahasia yang ingin diungkapkan hanya kepada Jokowi.

“Pak Presiden saya ada rahasia, tapi untuk kita berdua aja, Pak,” tutur Luhut yang kembali mengundang tawa Jokowi.

“InsyaAllah 25 tahun ke depan, saya ingin jadi menteri Pak, seperti Pak Luhut. Setuju kan Pak?” tanya Luhut pada Jokowi.

“Setuju,” kata Jokowi sembari tertawa.

“Dukung ya, Pak?” tanya Luhut lagi.

“Dukung,” ucap Jokowi.

Kemudian pembicaraan Jokowi dan Luhut berakhir.

3. Jokowi diundang kunjungi pesantren di Binjai Sumatra Utara

Kelakar Santri pada Jokowi: Nama Saya Luhut Pak, Tapi Bukan MenteriPresiden Jokowi berdialog bersama santri saat acara Vaksinasi Massal untuk Santri. (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Lebih lanjut, sang Kiai lalu memperkenalkan salah satu santriwatinya kepada Jokowi. Seorang santriwati bernama Siti Hajar meminta untuk berdialog dengan Jokowi dan menanyakan kapan Presiden akan main ke pondok pesantrennya itu.

“Assalamualaikum Pak Presiden. Perkenalkan nama saya Siti Hajar Pak, bukan Siti Nur Aisyah ya Pak. Kalau itu nama ibu saya,” kelakar Siti yang kembali membuat Jokowi tertawa.

“Terima kasih Pak, kami sangat senang dengan adanya program vaksinasi ini. Saya ada pertanyaan untuk Bapak. Boleh kan, Pak?” tanya Siti.

Lalu, Siti pun bertanya kepada Jokowi kapan mengunjungi pesantrennya. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berjanji akan berkunjung apabila melakukan kunjungan kerja ke Sumatra Utara.

“Kapan Bapak main-main ke pesantren kami? Kami rindu Pak,” ujar Siti.

“Iya, nanti kalau pas insyaAllah ke Sumut, saya ke... ini di Binjai ya?” tanya Jokowi.

“Iya Pak, deket ke menantu Bapak,” jawab Kiai sambil bercanda dan lagi-lagi membuat Jokowi tertawa.

“Iya bener hehehe insyaAllah nanti saya diingatkan kalau nanti ke Sumut,” ucap Jokowi pada mereka.

Baca Juga: Momen Ketika Jokowi Tertawa Lihat Tingkah Prabowo di Kalimantan Timur 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya