Kemenhub Prediksi Ada 2 Puncak Arus Mudik

Jangan lupa tanggalnya guys biar gak kejebak macet

Jakarta, IDN Times - Menjelang mudik Lebaran, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memprediksi akan ada dua puncak arus mudik tahun ini. Prediksi ini merupakan hasil riset yang dilakukan Kemenhub.

1. Kemenhub memprediksi ada dua sesi puncak arus mudik

Kemenhub Prediksi Ada 2 Puncak Arus MudikIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Budi mengatakan, melalui data riset yang dilakukan Kemenhub, diprediksi akan ada dua sesi puncak arus mudik Lebaran 2018. Puncak pertama pada 8 dan 9 Juni 2018, dedangkan puncak kedua pada 12 dan 13 Juni 2018.

"Kalau dari riset itu benar, jadi puncaknya di dua sesi. Satunya 8, 9, yang puncaknya. Puncak kedua adalah di 12, 13," kata Budi di Gedung DPR RI, Senin (4/6).

2. Jadwal libur berbeda membuat dua puncak arus mudik

Kemenhub Prediksi Ada 2 Puncak Arus MudikIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Budi menjelaskan alasan adanya dua puncak arus mudik di tahun ini, karena jadwal libur setiap pemudik berbeda-beda. Sehingga mempengaruhi jadwal mereka mudik.

"Ya memang kenyataannya begitu. Jadi kalau orang yang sudah libur ya 8, 9. Tapi kalau orang yang masih kerja ya 12, 13. Faktanya memang begitu. Bukan dua, tapi ada dua puncak," terang dia.

3. Tiket transportasi hampir 100 persen terjual

Kemenhub Prediksi Ada 2 Puncak Arus MudikIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Budi menyebutkan penjualan tiket mudik Lebaran hampir semuanya terjual. Hanya transportasi laut yang memiliki penjualan paling rendah, yaitu sekitar 80 persen saja yang terjual.

"Tiket mudik semuanya hampir 100 persen. Laut yang paling rendah hanya 80 persen," kata dia.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya