Kemenhub Tambah 3500 Slot Penerbangan untuk Lebaran

Semoga gak terjadi penumpukan penumpang, ya!

Jakarta, IDN Times - Menjelang arus mudik lebaran, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memutuskan menambah slot penerbangan. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Menteri Budi mengatakan pemerintah telah menambah 3500 slot penerbangan di Jakarta.

1. Pemerintah tambah 3500 slot penerbangan di Jakarta

Kemenhub Tambah 3500 Slot Penerbangan untuk LebaranIDN Times

Menteri Budi mengatakan untuk sektor udara, Kemenhub telah melakukan upaya peningkatan kapasitas dan kualitas. Untuk kualitas, pemerintah telah menambah 3500 slot penerbangan di Jakarta.

"Kapasitas apa yang kita lakukan? Lita menambah 3500 slot untuk Jakarta selama dua minggu penerbangan, untuk Jakarta. Jadi kalau seluruh Indonesia, kira-kira dua kali lipat lah," jelas Budi di Gedung DPR RI, Rabu (6/6).

2. Kemenhub minta maskapai penerbangan mengoperasikan pesawat badan lebar

Kemenhub Tambah 3500 Slot Penerbangan untuk LebaranIDN Times

Terkait dengan tambahan slot, Budi meminta maskapai penerbangan untuk menggunakan pesawat berbadan lebar. Ia pun juga meminta bandara agar buka hingga 24 jam.

"Kami minta penerbangan itu menggunakan pesawat berbadan lebar. Kami juga minta kepada bandara-bandara yang biasanya cuma sampai jam 8, jam 6 itu menjadi jam 24, sehingga kapasitasnya akan naik," kata Budi.

3. Menhub imbau tidak ada candaan tentang bom

Kemenhub Tambah 3500 Slot Penerbangan untuk LebaranIDN Times

Budi juga mengatakan pihaknya telah melakukan peningkatan kapasitas, dengan meminta para airline untuk melakukan kampanye yang intensif. Sehingga, masyarakat bisa mengetahui bahwa slot penerbangan menjelang lebaran telah ditambah.

"Hal lain kami menerapkan time check, jadi pesawat itu dengan durasi yang panjang itu butuh suatu persiapan persiapan atau pengecekan pengecekan kita lakukan cukup baik," tutur dia.

Lebih lanjut, Budi pun mengimbau kepada masyarakat yang ingin menggunakan transportasi udara, agar membeli tiket dari jauh-jauh hari sebelum lebaran. Ia juga meminta agar tidak ada lagi yang bercanda tentang bom di dalam pesawat.

"Dan kedua saya imbau jangan bercanda tentang bom, jadi kami akan melakukan penuntutan," lanjut Budi.

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya