Keputusan soal Libur Akhir Tahun Dibahas Sore Ini, Dipangkas Gak Ya?

Rapat akan dipimpin oleh Menko PMK Mujadjir Effendy

Jakarta, IDN Times - Pemerintah akan menggelar rapat koordinasi mengenai keputusan libur panjang akhir tahun. Sebab sebelumnya, Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta agar libur panjang akhir tahun dipangkas guna mengurangi penyebaran virus corona.

"Untuk libur panjang, persis sesuai petunjuk, supaya disempitkan. Nanti pukul 16.30 WIB, kita akan rapat dengan Pak Menteri Koordinartor PMK, kita akan membicarakan cuti atau libur akhir tahun dan nanti sekaligus ada SKB beberapa menteri," kata Moeldoko dalam keterangan persnya di Kantor Staf Presiden, Selasa (1/12/2020).

1. Moeldoko katakan libur panjang membuat kasus COVID-19 melonjak, sehingga harus jalankan perintah Jokowi

Keputusan soal Libur Akhir Tahun Dibahas Sore Ini, Dipangkas Gak Ya?Kepala Staf Presiden, Moeldoko (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Moeldoko mengatakan, rencana pengurangan jatah libur panjang akhir tahun agar penyebaran kasus virus corona tidak semakin luas. Karena sebelumnya, kasus COVID-19 memang semakin melonjak setiap usai libur panjang.

"Intinya petunjuk presiden harus dilaksanakan dan ini supaya menjadi kesadaran kita bersama, ternyata terbukti cuti yang lalu menambah jumlah yang positif dan kita tidak ingin ada muncul klaster baru," jelas Moeldoko.

Baca Juga: Cegah Penularan COVID-19, IDI Minta Pemerintah Hapus Libur Akhir Tahun

2. Jokowi perintahkan libur panjang akhir tahun dikurangi

Keputusan soal Libur Akhir Tahun Dibahas Sore Ini, Dipangkas Gak Ya?Jokowi beri sambutan di Rakernas Ikatan Apoteker Indonesia pada Kamis (5/11/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Menteri Koordinator Pembangunan Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy sebelumnya menyampaikan bahwa Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta adanya pengurangan hari libur akhir tahun 2020 ini. Hal itu dikatakan Muhadjir usai melakukan rapat terbatas khusus tentang topik libur panjang akhir tahun bersama Jokowi.

"Berkaitan dengan masalah libur cuti bersama akhir tahun, termasuk libur pengganti cuti bersama Hari Raya Idulfitri, Bapak Presiden memberikan arahan supaya ada pengurangan," kata Muhadjir dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Senin (23/11/2020).

Muhadjir mengatakan Jokowi juga memerintahkan adanya rapat koordinasi antara Kemenko PMK dengan pihak terkait mengenai libur akhir tahun. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta agar rapat koordinasi segera dilakukan.

"Beliau memerintahkan supaya segera ada rapat koordinasi yang dilakukan Kemenko PMK dengan kementerian dan lembaga terkait, terutama yang berkaitan dengan masalah libur akhir tahun dan pengganti libur cuti bersama Idulfitri," ujar Muhadjir.

3. Satgas sebut peningkatan kasus COVID-19 terjadi di libur panjang

Keputusan soal Libur Akhir Tahun Dibahas Sore Ini, Dipangkas Gak Ya?Dok. Biro Pers Kepresidenan

Soal libur panjang memang selalu menjadi perhatian pemerintah. Sebab, lonjakan kasus selalu meningkat setelah adanya libur panjang. Hal itu juga diungkapkan oleh Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Doni Monardo.

"Memang juga harus diakui bahwa terjadi peningkatan kasus selama libur panjang yang lalu. Namun, kalau dilihat angkanya masih bisa kita kendalikan. Artinya tidak lebih tinggi dibandingkan pada libur panjang bulan Agustus sebelumnya," kata Doni dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Senin (23/11/2020).

Baca Juga: Pemerintah Bakal Izinkan Masyarakat Libur Akhir Tahun, Ini Syaratnya

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya