Comscore Tracker

Kerugian Akibat Kemacetan Tembus Rp100 Triliun, Ini Solusi Jokowi

Jokowi kementerian dan pemda berkoordinasi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menggelar rapat terbatas bersama Menteri Kabinet Kerja di Istana Negara, Selasa (19/3). Rapat tersebut membahas pengelolaan transportasi di Jabodetabek.

Pada pembukaan rapat Jokowi meminta kementerian dan pemerintah daerah menghilangkan ego sektoral untuk mengurangi kemacetan.

1. Jokowi menyebut kerugian akibat kemacetan hingga Rp100 triliun

Kerugian Akibat Kemacetan Tembus Rp100 Triliun, Ini Solusi JokowiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Jokowi menyampaikan, kemacetan di Jabodetabek menimbulkan kerugian yang cukup besar. Ia mengatakan berdasarkan penelitian Bappenas, kerugian yang diderita karena kemacetan mencapai Rp65 triliun setiap tahun.

"Bukan bertahun tapi sudah berpuluh tahun dan seperti yang pernah saya sampaikan studi Bappenas ditemukan angka kerugian Rp65 triliun karena kemacetan di Jabodetabek setiap tahun," kata Jokowi di Kantor Kepresidenan, Istana Negara, Selasa (19/3).

"Dan bahkan Pak Wakil Presiden, Pak Gubernur, menyampaikan angka sampai Rp100 triliun," lanjut dia.

2. Jokowi minta ego sektoral dan ego kementerian diselesaikan

Kerugian Akibat Kemacetan Tembus Rp100 Triliun, Ini Solusi JokowiANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Menurut Jokowi, jumlah tersebut adalah jumlah yang sangat besar. Oleh karena itu, Jokowi pun meminta kementerian dan pemerintah daerah untuk menghilangkan ego sektoral.

"Ini jumlah yang sangat besar sehingga perlu segera diselesaikan dan tidak ada lagi yang namanya ego sektoral lagi, ego kementerian, ego daerah, semuanya yang ada adalah kepentingan nasional," jelasnya.

3. Jokowi meminta Jusuf Kalla kordinasikan kementerian dan gubernur

Kerugian Akibat Kemacetan Tembus Rp100 Triliun, Ini Solusi JokowiIDN Times/Debbie Sutrisno

Jokowi juga meminta menteri terkait dan pemerintah daerah mempercepat pengintegrasian jaringan transportasi perkotaan. Ia juga menyampaikan telah meminta Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengkoordinasikan kementerian dan gubernur.

"Saya telah menugaskan Pak Wapres untuk mengkoordinasikan dengan seluruh menteri dan gubernur terkait dengan percepatan pengintegrasian sistem pengelolaan jaringan transportasi perkotaan antar wilayah," terang dia.

4. Integrasi transportasi perkotaan tidak bisa ditunda lagi

Kerugian Akibat Kemacetan Tembus Rp100 Triliun, Ini Solusi JokowiIDN Times/Ashari Arief

Menurut Jokowi, proses pengintergrasian tersebut tidak bisa ditunda lagi. Hal itu penting, kata Jokowi, agar kemacetan tidak lagi menimbulkan kerugian.

"Dan yang paling penting juga dalam pengintegrasian antara sistem transportasi perkotaan dengan tata ruang yang penting dan kesinambungan, ketersambungan antar moda baik nantinya MRT, LRT, TransJakarta, kemudian moda-moda lainnya dan KRL, angkutan umum lainnya," ungkap dia.

5. Jokowi harap MRT dan LRT bisa mengurangi kemacetan

Kerugian Akibat Kemacetan Tembus Rp100 Triliun, Ini Solusi JokowiIDN Times/Ashari Arief

Jokowi berharap dioperasikannya MRT dan LRT bisa mengurangi kemacetan di Jabodetabek. Dan tentu memberikan kenyamanan bagi masyarakat.

"Saya meyakini bahwa langkah-langkah tersebut akan sangat mengurangi kemacetan yang ada di Jabodetabek," ujar Jokowi.

Baca Juga: Ini Alasan Gerbong Perempuan MRT Jakarta Hanya Ada 4 Jam Sehari

Topic:

  • Teatrika Handiko Putri
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya