Ketua MPR Nilai Jokowi Harusnya Umumkan Ibu Kota Usai Dilantik

Isu Papua lebih penting dari ibu kota baru

Jakarta, IDN Times - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan atau yang akrab disapa Zulhas mengatakan bahwa pengumuman ibu kota bukan lah prioritas untuk saat ini. Menurutnya, isu yang seharusnya lebih diprioritaskan ialah masalah konflik di Papua.

Zulhas pun menyinggung bahwa pengumuman ibu kota harusnya bisa dilakukan usai Presiden Joko "Jokowi" Widodo dilantik sebagai presiden terpilih periode 2019-2024, pada Oktober mendatang.

"Jadi fokus dulu ke situ (isu Papua), kan kalau habis dilantik, nanti masih bisa kalau soal ibu kota," kata Zulhas di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (26/8).

Baca Juga: Ini Alasan Jokowi Akan Umumkan Ibu Kota Baru Hari Ini

1. Zulhas mengatakan konflik di Papua lebih serius dibandingkan pengumuman ibu kota baru

Ketua MPR Nilai Jokowi Harusnya Umumkan Ibu Kota Usai DilantikIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Menurut Zulhas, adanya alasan isu Papua, terkait kericuhan yang sempat terjadi di Papua, lebih prioritas dibandingkan pengumuman ibu kota dan Papua Barat beberapa hari lalu. Ketua Umum PAN tersebut mengatakan bahwa Papua perlu penanganan yang serius.

"Tidak hanya Bapak Presiden, seluruhnya, ya bupatinya, DPR-nya, aparat penegak hukumnya dan jangan lupa sekarang ada dunia internasional, ada PBB, Melanesia, Afrika, semua itu saya kira penting sekali penanganan," ujar Zulhas.

"Kalau ada apa-apa dengan Papua gimana coba? Kita pelajaran dari Rusia dan lain-lain, jadi itu penting," lanjut dia.

2. Jokowi umumkan ibu kota baru hari ini

Ketua MPR Nilai Jokowi Harusnya Umumkan Ibu Kota Usai DilantikANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Dalam video yang diunggah di akun YouTube Sekretariat Presiden yang berjudul "Upcoming LivePresiden Jokowi Mengumumkan Ibu Kota Baru", diebutkan bahwa Jokowi pada hari ini akan umumkan lokasi ibu kota yang baru.

Pada akhir video berdurasi satu menit itu, disampaikan bahwa pengumuman ibu kota baru akan disiarkan secara langsung hari ini oleh akun Sekretariat Presiden.

3. Jokowi dijadwalkan untuk mengumumkan ibu kota pada akhir Agustus

Ketua MPR Nilai Jokowi Harusnya Umumkan Ibu Kota Usai DilantikIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Deputi IV Kantor Staf Kepresidenan, Eko Sulistyo, mengatakan bahwa pengumuman ibu kota hari ini tidak berkaitan dengan pernyataan Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil. Menurutnya, adapun pengumuman hari ini karena Jokowi sebelumnya menyebut ibu kota baru akan diumumkan akhir Agustus.

"Pengumuman hari ini karena Presiden sendiri sebelumnya sudah menyatakan akan mengumumkannya paling lambat akhir Agustus, sembari menunggu satu dua kajian lagi rampung," kata Eko saat dihubungi IDN Times, Senin (26/8).

Oleh karena itu, lanjut dia, momen Jokowi mengumumkan ibu kota baru Indonesia karena memang sudah sesuai jadwal. Sehingga, tambah dia, lokasi detail ibu kota baru memang sudah siap diumumkan ke publik.

"Artinya pengumuman hari ini memang sesuai schedule yang pernah Presiden sendiri sampaikan ke publik," ucap Eko.

Baca Juga: Jokowi Umumkan Ibu Kota Baru Hari Ini, Mendagri: Saya Ikut Aja

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya