Comscore Tracker

Ketua MPR: Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin Dihadiri Wapres Tiongkok

PM Australia dan Wakil Presiden Tiongkok akan hadir

Jakarta, IDN Times - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo atau yang biasa dipanggil Bamsoet mengatakan pelantikan Jokowi dan Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober nanti akan dihadiri para pemimpin negara lain, termasuk Tiongkok dan Australia.

1. Pimpinan negara tetangga akan hadiri pelantikan

Ketua MPR: Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin Dihadiri Wapres TiongkokIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Bamsoet memastikan hampir seluruh pimpinan negara di ASEAN akan hadir dalam pelantikan. Selain itu Perdana Menteri Australia Scott Morrison juga dijadwalkan hadir.

"China mengutus wakil perdana menteri, beberapa negara konfirmasi tapi untuk pastinya silakan cek ke kemenlu," ujar Bamsoet di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (16/10).

Baca Juga: 3 Sikap Politik Prabowo ke Pemerintah, Dahnil: Tunggu Keputusan Jokowi

2. Pengamanan akan dilakukan secara ketat

Ketua MPR: Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin Dihadiri Wapres TiongkokIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Untuk pengamanannya sendiri, Bambang menerangkan bahwa semuanya akan sesuai protap. Sehingga, para pimpinan negara yang hadir akan tetap merasa aman.

"Pasti, karena sesuai dengan protap yang dimiliki pihak keamanan Polri maupun TNI, pengamanan tamu-tamu negara kita dijamin begitu menginjakkan kaki di tanah air kita dan kembali ke tanah mereka, selamat," terang Bamsoet.

3. Wakil Presiden Tiongkok akan hadir di pelantikan

Ketua MPR: Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin Dihadiri Wapres TiongkokIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sebelumnya, saat Jokowi bertemu dengan para delegasi Tiongkok, mereka menyampaikan bahwa Wakil Presiden Tiongkok Wang Qishan akan hadir dalam pelantikan presiden dan wakil presiden. Hal itu disampaikan oleh Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir.

"Kita sudah menyampaikan ada Wakil Presiden Tiongkok yang akan menghadiri pelantikan Presiden pada 20 Oktober dan Presiden mengatakan akan merasa terhormat kalau dihadiri oleh Wakil Presiden Tiongkok," ujar Fachir di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (20/9).

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You