Comscore Tracker

Ketua Satgas COVID-19 Doni Monardo Daftar Jadi Relawan Uji Vaksin

Kang Emil juga loh

Jakarta, IDN Times - Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Doni Monardo, telah mendaftarkan diri untuk menjadi salah satu relawan uji klinis tahap III vaksin COVID-19. Uji klinis vaksin yang dikembangkan dari perusahaan bioteknologi Tiongkok, Sinovac itu akan dilakukan hingga Desember nanti. 

"Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Letjen TNI Doni Monardo telah mendaftarkan diri sebagai relawan uji klinis vaksin COVID," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (13/8/2020).

1. Bergabungnya Doni menjadi relawan COVID-19 menjadi upaya pemerintah untuk beri perlindungan pada rakyat

Ketua Satgas COVID-19 Doni Monardo Daftar Jadi Relawan Uji VaksinProfesor Wiku Adisasmito. Dok. Gugus Tugas

Dengan bergabungnya Doni sebagai salah satu relawan vaksin, Wiku menyampaikan bahwa itu adalah salah satu komitmen pemerintah dalam menangani COVID-19. Ia mengatakan, hal itu adalah upaya perlindungan dari pemerintah.

"Ini adalah bentuk komitmen pemerintah berupaya memberikan perlindungan masksimal kepada seluruh rakyat Indonesia melalui program vaksinasi," ujar Wiku.

Baca Juga: Selain Ridwan Kamil, Hengky Kurniawan Siap Jadi Relawan Vaksin COVID

2. Ridwan Kamil juga mendaftarkan diri sebagai relawan vaksin COVID-19

Ketua Satgas COVID-19 Doni Monardo Daftar Jadi Relawan Uji VaksinPemaparan Ridwan Kamil Mengenai Keadaan Pandemik COVID-19 di Jawa Barat pada Selasa (11/8/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Selain Doni, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebelumnya sudah mendaftarkan diri sebagai relawan uji klinis tahap III vaksin COVID-19 tersebut. Pria yang akrab disapa Emil ini mengungkapkan alasannya ingin ikut serta dalam uji klinis sebagai relawan yaitu agar bisa menambah keyakinan masyarakat terkait upaya pembuatan vaksin COVID-19.

"Jadi tidak ada istilah 'oh rakyat dikorbankan, pemimpinnya aja gak yakin, masa rakyatnya harus ikutan'. Gak. Semuanya juga ikutan. Makanya gubernur juga ikutan dalam proses ini," ucapnya.

3. Wakil Bupati Bandung Barat mengaku tertarik jadi relawan vaksin COVID-19

Ketua Satgas COVID-19 Doni Monardo Daftar Jadi Relawan Uji VaksinInstagram.com/hengkykurniawan

Bukan hanya Doni dan Emil saja yang mendaftarkan diri sebagai relawan COVID-19. Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan, juga tertarik untuk mendaftarkan diri sebagai relawan. Pengajuannya menjadi relawan uji klinis vaksin berdasar atas keprihatinannya pada kondisi pandemik yang berkepanjangan.

Hengky berharap, dengan majunya dia menjadi relawan vaksin, mampu meredakan gejolak kepanikan masyarakat pada virus corona ini.

"Saya memang mengajukan diri untuk jadi relawan uji vaksin COVID-19. Kalau dari kondisi kesehatan alhamdulillah saya fit. Gak pernah sakit juga seminggu ini. Tapi persyaratan jelasnya saya belum tahu apa saja," kata Hengky saat dihubungi, Senin (10/8/2020).
 

Baca Juga: Ini Syarat Vaksin Sinovac Lolos Uji Klinis Tahap III

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya