Kinerja Menteri Biasa-Biasa Saja Saat Pandemik, Jokowi: Apa-apaan Ini?

Jokowi ancam akan ganti menteri

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyoroti kebijakan dan kinerja menterinya selama masa pandemik virus corona atau COVID-19. Dia meminta menterinya mengeluarkan kebijakan extraordinary atau ekstra luar biasa, karena situasi saat ini yang tidak normal.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meminta menteri agar menyadari situasi krisis yang dialami Indonesia sekarang. Hal itu diungkapkan Jokowi saat memberikan arahan saat sidang kabinet paripurna pada 18 Juni lalu.

"Tindakan-tindakan kita, keputusan-keputusan kita, kebijakan-kebijakan kita, suasananya harus suasana krisis. Jangan kebijakan yang biasa-biasa saja menganggap ini sebuah kenormalan. Apa-apaan ini?" ujar Jokowi dalam video yang diunggah di saluran YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (28/6).

1. Jokowi ingin kebijakan yang tak biasa saat menghadapi pandemik

Kinerja Menteri Biasa-Biasa Saja Saat Pandemik, Jokowi: Apa-apaan Ini?Dok. Biro Pers Kepresidenan

Jokowi mengatakan di tengah pandemik sekarang ini para menteri harus menyadari kondisi krisis yang terjadi di dunia, termasuk Indonesia. Ia meminta menteri tak menggunakan hal-hal biasa lagi, dan manajemen krisisnya harus berbeda atau luar biasa.

"Kalau perlu kebijakan Perppu, ya Perppu saya keluarkan. Kalau perlu Perpres, ya Perpres saya keluarkan. Kalau sudah ada, PMK (Deskripsi Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan), keluarkan. Untuk menangani negara tanggung jawab kita kepada 267 juta rakyat kita," tutur presiden.

Baca Juga: Di KTT ASEAN, Jokowi Sebut Situasi Dunia Semakin Berat Akibat Pandemik

2. Jokowi jengkel menterinya masih kerja biasa-biasa saja

Kinerja Menteri Biasa-Biasa Saja Saat Pandemik, Jokowi: Apa-apaan Ini?Dok. Biro Pers Kepresidenan

Meski Jokowi sering mengingatkan menterinya agar bekerja lebih cepat dan tidak biasa-biasa saja, namun ia menyebut, masih banyak kinerja menteri yang tak ekstra luar biasa. Hal itu membuat Jokowi jengkel.

"Saya lihat, masih banyak kita ini yang seperti biasa-biasa saja. Saya jengkelnya di situ. Ini apa gak punya perasaan? Suasana ini krisis," ucap dia, dengan wajah tegang.

3. Jokowi ancam akan ganti menteri yang berkinerja buruk

Kinerja Menteri Biasa-Biasa Saja Saat Pandemik, Jokowi: Apa-apaan Ini?Dok. Biro Pers Kepresidenan

Dalam arahannya itu, Jokowi juga sempat menyinggung tentang reshuffle atau perombakan menteri kabinet. Menurut dia, ia tidak akan segan-segan mengganti menterinya yang berkinerja mengecewakan rakyat.

"Bisa saja membubarkan lembaga. Bisa saja reshuffle. Udah kepikiran ke mana-mana saya," ungkap mantan Wali Kota Solo itu.

https://www.youtube.com/embed/ukak_DGg7bo

Baca Juga: Jengkel pada Menterinya, Jokowi Ancam Reshuffle Kabinet

Topik:

  • Rochmanudin
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya