Kirim Bantuan Bencana Palu, PDIP Ajak Kepala Daerah Ikut Menyumbang

PDIP juga mengirimkan bantuan personel untuk Palu

Jakarta, IDN Times - PDIP mengirimkan bantuan untuk korban bencana gempa dan tsunami di Palu-Donggala, Sulawesi Tengah, hari ini, Senin (8/10). 

Pengiriman bantuan tersebut disaksikan langsung Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan bantuan yang dikirim partainya murni membantu sesama, dan tidak ada kaitannya dengan kampanye. PDIP berencana mengirim 102 relawan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna).

1. Hari ini bantuan dari PDIP akan langsung dikirim ke Palu dan Donggala

Kirim Bantuan Bencana Palu, PDIP Ajak Kepala Daerah Ikut Menyumbang

Hasto menjelaskan, kiriman bantuan dari PDIP akan dikirim melalui jalur udara dan mendarat di Makassar terlebih dahulu. Kemudian akan diangkut menggunakan truk ke Palu dan Donggala.

"Dan kemudian kami sudah menyiapkan truk pengangkut untuk ke Donggala dan Palu. Kami bawa ke sana dan murni tindakan kemanusiaan. Karena Baguna sudah didirikan sejak 2005," kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Senin (8/10).

Baca Juga: Jadi Korban Gempa Palu, 41 Warga Sumenep Dipulangkan

2. PDIP berkoordinasi juga dengan kepala daerah untuk memberikan bantuan

Kirim Bantuan Bencana Palu, PDIP Ajak Kepala Daerah Ikut Menyumbang

Adapun bantuan logistik yang dikirimkan PPDIP yaitu makanan bayi, makanan balita, pakaian, obat-obatan, dan juga kebutuhan khusus perempuan. Tak hanya itu, PDIP juga telah mengimbau kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan kepala daerah dari PDIP untuk mengirimkan bantuan.

"Bahkan dari Pak Ganjar, Wali Kota Semarang (Hendrar Prihadi) juga diminta untuk mengirim semacam pengelolaan air untuk membantu masyarakat. Jadi seluruh kepala daerah kami hubungi untuk bergotong-royong. Seluruh DPD partai juga ikut bergotong-royong," kata Hasto.

3. PDIP kirimkan 102 personel Baguna ke Palu dan Donggala

Kirim Bantuan Bencana Palu, PDIP Ajak Kepala Daerah Ikut Menyumbang

Hasto menjelaskan personel Baguna yang dikirim ke Palu dan Donggala berkisar 102 orang. Tapi nantinya tetap akan di-rolling untuk memperkuat bantuan karena situasi di lokasi bencana memang begitu berat.

"Sekali lagi kita berkoordinasi membantu pemerintah dan masyarakat. Kami juga menghargai, mengapresiasi gerak-gerak dari seluruh masyarakat Indonesia yang bersimpati," ujar dia.

"Karena itulah sekali lagi kita perkuat aspek-aspek solidaritas itu. Jangan sampai persoalan bencana di politisir hanya karena persoalan kampanye Pileg maupun Pilpres," lanjut Hasto.

Semoga bantuan PDIP mengurangi beban saudara kita di Palu dan sekitarnya ya guys.

Baca Juga: Kemensos: Lebih dari 50 Anak Korban Bencana Palu-Donggala Hilang

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya